Ingin Awet Muda? Ini 7 Caranya

jenis-kulit.jpg
(piyabay)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setiap orang pasti ingin terlihat awet muda. Cara menjadi awet muda sebenarnya mudah dilakukan dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mulai dari merubah gaya hidup dan menggunakan rangkaian skincare yang cocok untuk jenis kulit bisa diterapkan untuk mendapatkan kulit terlihat awet muda.

Tidak sedikit orang yang mencoba perawatan kulit mahal agar tetap terlihat awet muda. Padahal, cara awet muda dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana tetapi mampu memberikan hasil yang sangat baik untuk penampilan maupun kesehatan.

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua orang. Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Asupan nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Menurut MedicineNet, kombinasi nutrisi, pola makan, dan gaya hidup sehat dapat membantu kita mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Untuk mendapatkan kulit sehat dan terlihat awet muda, kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

Perhatikan asupan makanan

Cara pertama yang bisa dilakukan agar terlihat awet muda adalah dengan memperhatikan asupan.

Pastikan kamu memiliki pola makan yang sehat. Perhatikan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan yang kamu konsumsi. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat.

Sebaiknya, singkirkan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur, sehingga kebutuhan vitamin, mineral, dan serat terpenuhi dengan baik.

Atur jumlah konsumsi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti cake, donat, atau boba drink memang terasa nikmat. Mengkonsumsi gula tidak hanya meningkatkan risiko penyakit diabetes, tapi juga menyebabkan penuaan dini pada kulit.


Saat tubuh mengkonsumsi gula yang berlebih, molekul gula yang kita konsumsi akan menempel pada protein kolagen dan elastin, kemudian melemahkan fungsi keduanya. Padahal, dua jenis protein ini sangat penting dalam menjaga keseimbangan kulit kita agar tetap kenyal dan kencang.

Atur asupan gula yang kamu konsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit dan rusaknya jaringan kolagen yang bisa sebabkan penuaan dini.

Olahraga secara rutin

Seiring pertambahan usia, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila kamu kurang aktif bergerak.

Berolahraga secara rutin dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur. Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Rajin membersihkan dan melembabkan wajah

Salah satu area tubuh yang bisa digunakan untuk menebak usia seseorang adalah wajah. Menurut Reader's Digest, rutinitas membersihkan dan melembabkan wajah ternyata membantu melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat sehingga kulit tampak awet muda.

Sementara kebiasaan jarang mencuci wajah seiring waktu bisa membuat kulit kering sehingga wajah tampak lebih tua. Namun, pastikan mencuci wajah dengan produk yang tepat.

Pilihlah produk sesuai kebutuhan kulit dan lembut sehingga tidak mengikis kelembaban di kulit wajah. Setelah itu, lanjutkan perawatan dengan menggunakan pelembab pagi dan malam hari.

Rajin menggunakan tabir surya

Rahasia awet muda lainnya adalah rajin menggunakan tabir surya. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Australia meneliti 900 pria dan wanita selama 4,5 tahun. Mereka kemudian menemukan bahwa subjek yang diinstruksikan menggunakan tabir surya setiap hari memiliki lebih sedikit kerutan dan bintik hitam dibandingkan subjek yang tidak melakukannya.

Cukup istirahat

Cara selanjutnya agar awet muda adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.

Tidur dengan posisi telentang juga diketahui baik untuk menjaga kulit wajah daripada posisi telungkup yang bisa menyebabkan kulit cepat keriput karena bergesekan dengan bantal.

Hidrasi tubuh dengan baik

sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Makanya, memastikan asupan air putih yang cukup setiap harinya penting banget buat dilakukan agar tubuh dan kulit kita terhindar dari dehidrasi.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit dengan mengkonsumsi air putih, seperti mencerahkan kulit karena dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap, serta menghambat terjadinya penuaan dini.

Untuk mendapat kedua manfaat tersebut, pastikan kamu mengonsumsi setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya.