2 Tower PLN di Kubang Roboh Usai Besi Penyangga Menara Dicuri

Tower-PLN.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tower 69 dan 70 Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Section Garuda Sakti – Pasir Putih di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, dilaporkan roboh, Sabtu, 2 Juli 2022 sekitar pukul 16.13 WIB. Pasalnya, besi penyangga kedua tower tersebut dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Robohnya tower ini menyebabkan hilangnya beban pembangkit sekitar 70 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip). Akibatnya, sistem kelistrikan Pekanbaru mengalami open looping, namun tidak menyebabkan padamnya konsumen.

Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat mengatakan, PLN merespon cepat dengan membangun tower darurat sebagai pengganti sementara kedua tower tersebut.

"Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan tower tersebut adalah segera memasang tower darurat sebanyak dua tower agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau," ujar Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat, Selasa, 4 Juli 2022.

 


 

Hingga hari ketiga pelaksanaan recovery, Minggu, 3 Juli 2022, proses pendirian tower darurat sudah mencapai sekitar 60 persen.

“Kami menargetkan Insya Allah tower darurat beroperasi sebelum Hari Raya Idul Adha nanti,” ucap Aris.

Lokasi tower yang berada di area rawa-rawa juga sedikit menjadi kendala bagi tim recovery dalam mobilisasi material dan peralatan.

"Diharapkan selama proses recovery berlangsung cuaca disekitar lokasi cerah sehingga recovery berjalan lancar dan cepat diatasi," tambah Aris.

Pada pemasangan tower darurat tersebut PLN UPT Pekanbaru menurunkan sejumlah tim teknis dibantu juga oleh tim dari berbagai Unit Pelaksana PLN yang tersebar di Sumatera.