Moge Masuk Tol Pekanbaru-Bangkinang, Warga: Sultan Mah Bebas

Tol-Pekanbaru-Bangkinang3.jpg
(Hutama Karya)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah motor gede melintasi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, Kampar pada Sabtu, 2 Juli 2022 memicu beragam reaksi dari warga Riau. Tidak sedikit yang mempertanyakan alasan diperbolehkan moge masuk tol tersebut.

Pasalnya, jalan tol diperuntukan bagi kendaraan roda empat. Namun, kali ini kendaraan roda dua justru bisa dengan leluasa melintasi jalan tanpa hambatan tersebut.

Warga Riau yang mengetahui moge diperbolehkan masuk tol mengaku iri dan ingin pula menikmati jalan tol yang sebenarnya tidak diperuntukan bagi kendaraan roda dua.

"Kok mereka boleh masuk, kenapa kami tidak? Kami juga ingin menikmati Tol pakai roda dua," ujar warga Bangkinang, Rudi.

Komentar miring juga diungkapkan oleh warga lainnya, Dodi yang mengatakan kalau 'Sultan mah bebas' maksudnya orang kaya bebas.

"Kalau sultan mah bebas, bisa masuk apalagi sama polisi. Jika mereka boleh harusnya kami juga boleh. Kami juga bayar pajak," pungkas Dodi.

Sebelumnya, foto moge masuk jalan tol Pekanbaru-Bangkinang viral di media sosial. Terlebih lagi, moge-moge tersebut mendapat pengawalan dari kepolisian.


 

 

Dalam hal ini, Kabag Ops Ditlantas Polda Riau, Kompol Ruri menjelaskan bahwa jalan yang dilintasi moge tersebut merupakan jalan proyek.

"Sedikit menjelaskan bahwa jalan yang dilintasi Moge adalah jalan proyek jalan tol yang masih dalam pengerjaan dan siapa saja boleh lewat dengan seizin HK," ujar Kompol Ruri, Minggu, 3 Juli 2022.

Selanjutnya, Kompol Ruri juga mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan untuk melalui jalan tol tersebut dengan memperhatikan faktor keamanan pengguna jalan.

Adapun tujuan Moge yang melintasi jalan tol Pekanbaru - Bangkinang dan mendapatkan pengawalan polisi yakni Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sekitar 4000 moge dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam acara yang diselenggarakan sejak Kamis 30 Juni hingga Minggu 3 Juli 2022.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kapolda Sumbar, sekaligus Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Irjen Pol Teddy Minahasa. Ia menyebut ribuan moge tersebut ikut dalam Event Sumatera Bike Week (SBW) 2022 di Bukittinggi.

“Event SBW 2022 dari seluruh Indonesia yang diadakan di Bukittinggi aman dan tak ada satu pun insiden," tegas Irjen Teddy, dikutip dari KataSumbar, Minggu, 3 Juli 2022 malam.