Ini Sebabnya Pramugari Mondar-Mandir di Lorong Kabin Sebelum Pesawat Take Off

Pramugari-Lion-Air.jpg
(Dokumentasi Lion Air Group via Kompas.com)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pernahkah kamu memperhatikan, sebelum pesawat take off pasti ada pramugari yang mondar-mandir di kabin pesawat.

Pramugari itu akan mondar-mandir di kabin untuk memeriksa setiap baris kursi. Ya, mereka akan berjalan di lorong kabin untuk memeriksa penumpang satu per satu.

Tapi apa yang sebenarnya dicari pramugari ketika berjalan di lorong kabin pesawat? Ternyata ini alasannya.

Dilansir dari The Sun, Patricia Green, seorang mantan pramugari, mengatakan alasan sebenarnya kenapa pramugari terlihat mondar mandir di pesawat sebelum take off. Salah satu alasannya adalah untuk memastikan kesiapan penumpang saat terjadi keadaan darurat.

"Hal pertama yang dilakukan awak kabin saat naik pesawat adalah berjalan melalui kabin, untuk memeriksa bahwa semua area aman dan tidak ada yang tertinggal. Dalam artian tidak kehilangan harta benda atau sesuatu yang dapat mengancam keselamatan," ujar Green.


Green mengatakan, tak sedikit maskapai yang kehilangan alat-alat penunjang keselamatan, seperti life jackets dan lainnya.

"Pramugari juga mencari kerusakan pada kabin atau barang-barang yang hilang, seperti sabuk pengaman atau jaket pelampung penumpang," tutur Green.

"Kamu pasti terkejut bahwa barang itu terkadang dicuri oleh penumpang nakal," lanjutnya.

Begitu pengecekan dimulai, setiap pramugari akan memeriksa apakah harness berfungsi dan dipasang dengan benar oleh penumpang. Sistem keselamatan penumpang, alarm evakuasi, dan lampu darurat juga diuji oleh pramugari untuk memastikan semuanya berfungsi.

Selain lorong kabin dan area kursi pesawat, pramugari juga memeriksa hampir keseluruhan pesawat.

Dilansir Simple Flying, pramugari tahu persis di mana setiap bagian peralatan keselamatan berada, hingga jumlah peralatan yang tersedia. Sebagai contoh, mereka akan memastikan peralatan pemadam kebakaran, seperti PBE (peralatan pelindung pernapasan), sarung tangan api, dan pemadam api. Barang-barang ini juga diperiksa apakah segel sudah terpasang dan berfungsi penuh.

Perlengkapan demonstrasi harus diperiksa jika demonstrasi keselamatan manual diperlukan, termasuk kartu keselamatan, sabuk pengaman, jaket pelampung, dan masker oksigen.

Alat terakhir yang perlu dipastikan kesiapannya adalah ELT (Emergency Locator Transmitter), yang hanya dapat diakses oleh kru kabin pada beberapa jenis pesawat tertentu.

Green menjelaskan bahwa pramugari harus menyelesaikan semua tugas penting itu sebelum pesawat memulai penerbangannya. Kecuali, jika itu adalah penerbangan tektok di mana kru yang sama berada di pesawat yang sama, yang tidak mereka tinggalkan sebelum perjalanan pulang.