Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina, Begini Cara Menggunakannya

MyPertamina-Ilustrasi.jpg
(Panji Asmoro/TrenAsia via STARBANJAR.com)

 

Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mulai tanggal 1 Juli pemerintah menetapkan konsumen pertalite dan solar di sejumlah daerah wajib menggunakan aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM.

MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital yang dikembangkan oleh perusahaan pertamina. Aplikasi ini juga menawarkan beragam keuntungan serta sarana untuk pelanggan mendapatkan point yang dapat ditukarkan dengan berbagai macam reward.

Lewat MyPertamina, pengguna bisa membeli beberapa produk buatan Pertamina, termasuk BBM, secara cashless atau non tunai. Layanan transaksi non tunai dari MyPertamina itu beroperasi dengan dukungan dari platform LinkAja.

Pengguna yang ingin membeli BBM lewat MyPertamina, diwajibkan untuk memiliki akun MyPertamina terlebih dahulu dan mentautkan dengan akun LinkAja. Kemudian, saldo yang berada di akun LinkAja bisa dipakai untuk membayar pembelian BBM tersebut.

Untuk memiliki akun MyPertamina, pengguna bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk ponsel Android atau App Store untuk iPhone.

Pengguna aplikasi ini bisa mendapatkan poin dengan melakukan pembelian produk-produk Pertamina tertentu seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamax Dex, atau barang dari Merchant MyPertamina yang sudah terdaftar di MyPertamina.


Sementara poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang dapat dilihat melalui aplikasi MyPertamina. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai promo yang dapat dilihat melalui website atau aplikasi MyPertamina.

Berikut ini cara penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM:

1. Install aplikasi MyPertamina dari Google Play Store atau Apple App Store
2. Setelah terpasang, maka buka aplikasi di handphone
3. Pada halaman login, tekan tombol Daftar
4. Isi nama lengkap, nomor telepon, tanggal lahir, PIN, dan ulang PIN
5. Apabila semua telah diisi dengan benar, tekan tombol Daftar
6. Pilih Metode Pengiriman OTP menggunakan Kirim dengan SMS
7. Setelah kode OTP dikirim lewat SMS, maka masukkan 6 digit kode OTP
8. Akun telah aktif dan langsung menuju halaman utama aplikasi MyPertamina

 

 

Pada halaman utama aplikasi, kamu diminta untuk menghubungkan dengan akun LinkAja karena nantinya berfungsi untuk pembayaran di SPBU atau Merchant yang bekerja sama dengan MyPertamina.

Cara menghubungkan akun LinkAja dengan akun MyPertamina:

1. Pada halaman utama MyPertamina, tekan tombol Aktifkan di bagian LinkAja
2. Pada menu pop-up yang menanyakan apakah sudah memiliki akun LinkAja, pilih Belum apabila tidak memilik akun atau Sudah      jika mempunyai akun
3. Dalam hal ini saya sudah mempunyai akun LinkAja, maka bisa menekan tombol Sudah
4. Pada halaman Aktivasi LinkAja, kamu akan diperlihatkan nomor akun LinkAja dan diminta memasukkan PIN yang biasa    digunakan untuk login LinkAja
5. Apabila PIN LinkAja sudah dimasukkan, tekan tombol Lanjutkan
6. Selanjutnya, masukan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke SMS
7. Aplikasi akan menampilkan tulisan Selamat Transaksi kamu telah berhasil! dan diarahkan ke halaman utama.

Pembelian Pertalite dan Solar lewat MyPertamina bertujuan agar penyalurannya bisa tepat sasaran. Atas tujuan itu, nantinya terdapat sedikit perbedaan mekanisme pembelian jenis BBM tersebut di MyPertamina.

Pertalite dan Solar hanya bisa dibeli lewat MyPertamina oleh pihak tertentu yang berhak. Sementara itu, untuk kriteria pihak yang berhak membeli BBM bersubsidi tersebut, saat ini masih dilakukan pembahasan lebih lanjut oleh pemerintah dan Pertamina.

Kemudian, sebelum bisa membeli BBM bersubsidi, masyarakat atau pelanggan bakal diminta untuk mengisi data diri dulu di aplikasi MyPertamina. Selanjutnya, data tersebut akan diverifikasi oleh BPH Migas untuk memastikan kriteria pelanggan telah sesuai.