41 Pengungsi Rohingya Kabur Lagi, Kesbangpol: Kebanyakan Masih Lajang

Penampungan-Rohingya.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/RIAUONLINE.CO.ID)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Aksi melarikan diri kembali dilakukan pengungsi Rohingya asal Myanmar. Sebanyak 41 pengungsi kabur pekan ini dari tempat penampungan di D'Coop II, Jalan Cipta Sari, Kecamatan Bukit Raya.

"Jadi ada tambahan lagi, sebelumnya ada 34 orang yang kabur, kemudian kabur lagi. Total sudah 75 orang yang kabur," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Kamis, 30 Juni 2022.

Ia menyampaikan saat ini jumlah pengungsi Rohingya yang masih bertahan di D'Coop II tinggal 39 orang dari total 114 orang. Mereka yang tinggal di penampungan mayoritas sudah berkeluarga.

"Mereka yang kabur ini kebanyakan yang masih lajang. Jadi yang tinggal sekarang rata-rata yang sudah berkeluarga," ulasnya.


Pria yang akrab disapa Bang Zoel ini menjelaskan, pengungsi ini melarikan diri setelah diberi kebebasan berinteraksi. Sebelumnya mereka menjalani masa karantina selama satu bulan di D'Coop II.

 

 

"Karena mereka sudah sebulan dikarantina, kita sudah selesai memberikan edukasi, mereka sudah bisa berinteraksi di luar penampungan. Ketika diberikan kesempatan keluar, mereka langsung kabur," jelasnya.

Lanjutnya, para pengungsi kabur secara bertahap. Mereka kabur lantaran Indonesia bukan menjadi negara tujuan melainkan ke Malaysia.

"Jadi bagaimanapun, bagus pun tempat yang kita siapkan, mereka tetap berusaha untuk kabur. Karena di Malaysia tempat keluarga mereka. Komunitas mereka di Malaysia hampir 100 ribu orang," sebutnya.