Minta Rp250 Juta, Anak Mantan Ketua DPRD Riau Diduga Janjikan Warga Lulus IPDN

Penggelapan-uang.jpg
(Harian Sederhana.com)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seakan kebal hukum, Hanggi Maisya yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali berulah.

Usai terlibat beberapa kasus kekerasan dan pemukulan pada 2007 dan terbaru maret 2022, kali ini anak Mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus ini diduga menggelapkan uang warga ratusan juta rupiah.

Hal ini diketahui usai pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke Polda Riau terkait dugaan penipuan yang dilakukan Hanggi Maisya pada 2018 lalu.

"Pada tahun 2018, klien kami Sarbaini dikenalkan dengan Hanggi. Waktu itu Hanggi mengiming-imingi Sarbaini akan meluluskan anaknya AAS untuk masuk sekolah STPDN atau IPDN," ujar Kuasa Hukumnya, Bambang Keristian, Senin, 6 Juni 2022.

Selanjutnya, Hanggi Maisya ini berjanji akan meluluskan AAS jika masuk STPDN pada tahun 2018, dengan syarat harus membayar sejumlah kompensasi.

"Klien kami diminta uang Rp250 juta. Namun dalam kwitansi tersebut dibuat kalau uang tersebut untuk modal usaha. Padahal uang tersebut adalah pembayaran untuk masuk STPDN agar lolos," terang Bambang.


Tidak hanya Sarbaini yang menjadi korban, ternyata juga ada korban lain yang sudah menjadi korban Hanggi. Kaharudin dan Basuki juga pernah mengalami hal yang sama dilakukan oleh Hanggi Maisya.

 

 

Bambang sudah membuat laporan ini ke Polda Riau pada tanggal 3 Desember 2020. Karena ada i'tikad baik dari Hanggi, ia melakukan pembayaran kepada klien kami sebesar Rp 190 juta.

"Saat akan menagih uang Rp 60 juta lagi, Hanggi seakan mengelak dan bahkan mengerahkan beberapa orang preman untuk melakukan pengancaman kepada saya," tambah Kuasa Hukum Korban.

Hingga akhirnya, pihaknya kembali ke Polda Riau khususnya Direktorat Kriminal Umum Polda Riau untuk kembali memproses kasus ini.

"Kami berharap agar kasus ini di follow up oleh Polda Riau khususnya Ditreskrimum Polda Riau," pungkasnya.

Saat Riauonline.co.id mencoba mengkonfirmasi hal ini ke Hanggi Maisya, ia mengaku akan segera menyelesaikan kasus ini kepada Bambang Keristian.

"Iya itu akan segera diselesaikan besok ketika saya sampai di Pekanbaru, saya saat ini masih di luar kota," tutup Hanggi Maisya.