Harga TBS Sawit di Kuansing Turun Lagi, Apkasindo Menduga Ada Permainan Harga

Tandan-Buah-Segar5.jpg
(Via Bertuahpos)

RIAUONLINE, TELUK KUANTAN-Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kepala Sawit di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Kuansing dua hari terakhir kembali mengalami penurunan.


"Dua hari ini harganya memang lagi turun," ujar Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Kuansing, Rofingi dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 3 Juni 2022.

Apkasindo menduga ada permainan harga TBS kelapa sawit di sejumlah PKS di Kuansing. Ini mengingat harga yang ditetapkan PKS bervariasi. Sementara harga yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau termasuk tinggi, namun di pabrik jauh turun.

"Periode minggu ini harga TBS sawit ditetapkan Disbun Riau itu Rp 2.600 per kilogram. Kalau harga sejumlah PKS ada yang Rp 1.900 perkilogram," ujar Rofingi.


Untuk harga di pabrik didaerah Jake itu ada yang mengambil Rp 2.100 - 2.200 perkilogram. Dan untuk PT Wana Sari sendiri sekarang harga hanya berkisar Rp 1.900 perkilogram.

 

PKS PT Wanasari kata Dia sekarang ini juga membatasi TBS sawit di pabrik. "Alasan mereka tengki penuh, kalau kita jual ke Jake atau daerah lain tentu sama saja kalah di ongkos," katanya.


 

Pihak PKS PT Wanasari sendiri sejauh ini belum bisa dikonfirmasi terkait kabar pembatasan buah petani masuk ke pabrik.