Dukung Percepatan Pembangunan JTTS, Job Kurniawan Berharap Ini

jalan-tol45.jpg
(media indonesia)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Riau M Job Kurniawan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat mendukung percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Apalagi kehadiran jalan tol, diharapkan semakin melengkapi konektivitas wilayah yang akan semakin mendukung pusat ekonomi di Provinsi Riau.

Job Kurniawan menjelaskan, progres pembangunan tol di Provinsi Riau menghubungkan tiga daerah tetangga. Adapun daerahnya yakni, Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jambi.

Upaya-upaya terus dilakukan dalam percepatan pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Untuk ruas tol Pekanbaru - Bangkinang sampai ke Sumatera Barat, saat ini sudah dalam proses pengerjaan di tahap 1. Pelepasan kawasan hutan sudah keluar dan saat ini sedang berproses," katanya, Jumat, 3 Juni 2022.

Job Kurniawan juga mengatakan, ruas tol dari Pekanbaru ke arah selatan, yakni ke arah Jambi sudah masuk di tahap 2. Tahap 2 sendiri yaitu tol Jambi - Rengat dan Rengat - Pekanbaru.


 

 

Lebih lanjut, Job Kurniawan berharap, terkait ruas tol Jambi - Rengat, Rengat - Pekanbaru untuk segera ditetapkan penetapan lokasi (panlok). Selain itu juga segera keluar pelepasan kawasan hutan di wilayah tersebut.

Untuk tol Dumai - Rantau Prapat yang semula berada di Tahap 3 dapat dipercepat dan pindah ke Tahap 2, karena Dumai merupakan pusat pelabuhan yang dimiliki oleh Provinsi Riau.

“Kami siap untuk mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan apa yang kami harapkan dapat dilaksanakan bersama," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, bahwa JTTS ditargetkan dapat tersambung dari Lampung sampai dengan Aceh yang bertujuan untuk memangkas waktu tempuh dari sebelumnya 48 jam menjadi 30 jam.