Puncak Arus Mudik di Bandara SSK II Pekanbaru Berlangsung Hingga H-3 Lebaran

calon-penumpan.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Puncak arus mudik di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diprediksi berlangsung H-3 Idul Fitri 1443 H. Lonjakan penumpang juga diprediksi terjadi pada H+3.

"Sesuai estimasi kita, H-3 dan H+3 bakal terjadi lonjakan jumlah penumpan di bandara," jelas Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, Mohammad Hendra Irawan.

Ia menyebut, jumlah penumpang pada periode April 2022 sudah mencapai 84 ribu penumpang. Ada tren penurunan jumlah penumpang dibanding periode Maret 2022.


Dirinya menyebut bahwa tren itu biasa dihadapi di awal puasa hingga pertengahan Ramadan, karena ada kemungkinan pada H-10 sudah mulai terlihat kenaikan penumpang.

Pihak bandara sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Ada rencana periode angkutan lebaran berlangsung dari 25 April 2022 hingga 10 Mei 2022.

Para calon penumpang juga diimbau mengikuti syarat perjalanan domestik selama mudik Lebaran 2022. Mereka yang sudah mendapat vaksin booster tidak wajib memperlihatkan bukti hasil swab PCR atau swab antigen.

Kemudian yang baru mendapat vaksin dosis dua harus menunjukan hasil swab antigen 1x24 jam atau swab PCR 3x24 jam. Begitu juga yang baru mendapat suntik vaksin dosis pertama.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru jelang memasuki arus mudik. Bandara juga menyediakan layanan kesehatan seperti vaksinasi, swab PCR dan swab antigen.