Kombes Pria Budi Soal Pengamanan Demo: Jangan Ada Gerakan tanpa Komando

Demo-11-April4.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Polda Riau melakukan apel persiapan siaga unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Riau, Senin, 11 April 2022.

 

Berdasarkan pantauan riauonline.co.id, pukul 13.00 WIB, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pria Budi, memimpin jalannya apel yang diikuti oleh personel Polda Riau, Polresta Pekanbaru, dan Satpol PP.

 

Pria Budi menyampaikan dalam siaga unjuk rasa tersebut, segala komando menjadi tanggung jawab dirinya sendiri.

 

 

"Jadi jangan ada gerakan lain, gerakan sendiri tanpa komando," tegasnya.

 

Ia juga mengingatkan agar tiap personel tidak terprovokasi dan bisa dengan baik mengelola hati dan pikiran.

 

"Berperilaku humanis, hindari bentrok sebisa mungkin. Kemudian perlu diingat, tak dibenarkan menggunakan senjata api," jelas Pria Budi.


 

Terakhir, ia meminta jika personel menemukan kelompok penyusup atau yang bersifat tindak pidana, agar diamankan dan dipisah dari barisan mahasiswa.

 

"Kalau nanti ada yang bakar ban biarkan saja, kalau bakar kantor baru kita bertindak," pungkasnya.

 

Diketahui, hari ini mahasiswa melakukan demonstrasi serentak di berbagai daerah di Indonesia guna penolakan penundaan pemilu dan penolakan wacana pencalonan Joko Widodo menjadi Presiden RI untuk tiga periode.

 

 

 

 

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan akan mengerahkan 1.161 personel pada aksi unjuk rasa nanti.

 

Personel tersebut terdiri dari 476 personel Polresta Pekanbaru, 535 personel Polda Riau, 60 personel TNI, dan 90 personel Satpol PP yang akan melakukan pengamanan.