Kasus Covid-19 Meningkat, Bandara SSK II Uji Swab Antigen Penumpang Secara Acak

bandar-sskii.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Penumpang pesawat bakal menjalani random check antigen setiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Pemeriksaan secara acak ini dilakukan dalam upaya menekan penularan Covid-19.

"Jadi PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru bersama stakeholder terkait melakukan peningkatan pengawasan pelaku perjalanan udara di bandara," terang EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, M Hendra Irawan, Minggu 13 Februari 2022.

Menurutnya, penerapan random check antigen penumpang yang berlangsung sejak pekan lalu. Pemeriksaan ini juga bentuk peningkatan pengendalian pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Riau melalui jalur udara.

Pihak bandara bekerja sama dengan unsur satgas terkait meliputi dinas kesehatan, KKP Kelas II Pekanbaru, satpol pp dan TNI/Polri.

"Jadi selain menerapkan persyaratan pelaku perjalanan udara sesuai SE Satgas Covid-19 No 22 Tahun 2021, kita juga melakukan random check antigen," tegasnya.


Irawan menjelaskan tes acak ini sekaligus upaya pencegahan penyebaran varian Omicron khususnya dari wilayah Jawa-Bali. Penumpang dengan hasil swab antigen negatif dapat melanjutkan perjalanan berikutnya.

Jika didapati penumpang dengan hasil positif dalam random check antigen, mereka bakal menjalani pemeriksaan PCR di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad dan Rumah Sakit Madani Pekanbaru.

Biosafety & Biosecurity Management di Bandara SSK II Pekanbaru juga telah melakukan penambahan alat pendeteksi suhu tubuh. Alat berupa thermal scanner khusus untuk penumpang di Greeting Area Terminal Keberangkatan.

Ia menjelaskan, alat itu memiliki kemampuan mendeteksi suhu tubuh 20 orang secara bersamaan dalam waktu dekat. Alat tersebut juga dilengkapi teknologi untuk mendeteksi penumpang yang tidak menggunakan masker.