Naik Sejak Februari 2022, Kasus Covid-19 di Pekanbaru Mencapai 316 Kasus

zaini-rizaldy8.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan sejak awal Februari 2022. Satu hari tambahan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 50 kasus. Total jumlah kasus aktif saat ini mencapai 316 orang.

 

Data dari Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru, mayoritas pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri dan isolasi di fasilitas isolasi terpadu (isoter).

 

Mereka yang menjalani isolasi mandiri dan isoter jumlahnya mencapai 287 orang. Sedangkan yang menjalani isolasi di rumah sakit sebanyak 29 orang.

 

"Kasus selama Februari ini cenderung meningkat, pasien yang gejala sedang mendapat perawatan medis di rumah sakit. Sedangkan yang gejala ringan isolasi secara mandiri atau di isoter," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy.

 

Menurutnya, saat ini tidak ada kasus dengan gejala berat atau mengkhawatirkan. Ia juga memastikan bahwa rumah sakit sudah menyiagakan ruang isolasi.

 


Satgas juga menyiagakan ruang isoter yang berada di fasilitas milik pemerintah kota maupun Pemerintah Provinsi Riau. Ia menegaskan bahwa seluruh fasilitas kesehatan disiagakan untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

 

 

Petugas kesehatan di rumah sakit juga siaga di fasilitas kesehatan yang terdapat ruang isolasi khusus bagi pasien Covid-19. Tim satgas menyiapkan sarana, fasilitas pendukung dan petugas untuk antisipasi kenaikan kasus.

 

"Kita berharap nantinya tidak memgalami kenaikan kasus, apalagi cukup banyak penyebaran kasus varian Omicron di sejumlah  daerah," terangnya.