Iptu Ferry Pimpin Razia Aktivitas PETI di Sungai Kuantan, Satu Kapal Diamankan

PETI31.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Kapolsek Kuantan Mudik, Iptu Ferry M Fadillah terjun langsung saat razia aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di aliran Sungai Kuantan, Jumat, 11 Februari 2022 sore.


Satu kapal yang digunakan terduga pelaku untuk kegiatan tambang ilegal tersebut berhasil diamankan. Dari informasi masyarakat kapal tersebut sering melakukan aktivitas disekitar desa Luai dan Banjar Guntung. Agar tidak bisa digunakan lagi kapal tersebut selanjutnya dimusnahkan dengan cara dirusak.

 

Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata melalui Kasubbag Humas Polres Kuansing, AKP Tapip Usman mengungkapkan razia berawal dari adanya informasi masyarakat kalau di daerah tersebut sering ada aktivitas PETI. Masyarakat sudah resah dengan kegiatan tersebut.


"Saat turun anggota menemukan satu kapal yang tidak beroperasi biasa digunakan untuk kegiatan PETI. Selanjutnya dimusnahkan agar tidak bisa digunakan lagi," kata Tapip melalui keterangan tertulis, Sabtu, 12 Februari 2022.



 

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit mesin jenis robin, satu batang spiral, tiga lembar karpet, satu kacamata selam, dua dulang, dan dua ember berisikan pasir dan kalam.