Penataan Pasar di Pekanbaru Berlanjut ke Jalan Ahmad Yani dan Jalan Teratai

pedagang-jalan-agus-salim3.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Proses penataan pasar di Kota Pekanbaru tidak cuma berlangsung di sekitar Jalan Agus Salim. Rencananya penataan pasar juga berlanjut ke Jalan Ahmad Yani dan Jalan Teratai.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendorong tim penataan kawasan itu tuntas pada awal tahun 2022 mendatang. Ia menyebut, kawasan itu bakal difungsikan untuk lokasi ekonomi kreatif. 

 

"Jadi nanti penataan berlanjut, untuk sekarang di Jalan Agus Salim. Kalau sudah tuntas, nantinya kita tata juga pasar di Jalan Teratai dan Jalan Ahmad Yani, untuk aktivitas pedagang," terangnya, Kamis 30 Desember 2021.

 

Dirinya mengatakan bahwa penataan kawasan Jalan Agus Salim juga harus beriringan dengan pengelola kawasan itu.

 

 


Ia menyebut bahwa yang mengelola adalah LPM dan pemuda setempat. "Kita harapkan pedagang di kawasan itu bisa mengikuti regulasi yang ada," terangnya.

 

Tim Terpadu Penertiban, Penataan dan Pembinaan Pasar Agus Salim melihat masih banyak pedagang belum mengikuti zona waktu. Pemerintah Kota Pekanbaru sudah membagi waktu penggunaan kawasan itu menjadi tiga zona.

 

Pedagang sayur, ikan dan daging bisa berjualan hingga pukul 08.00 WIB. Pedagang untuk berbenah setiap harinya. Mereka bisa berjualan sesuai waktu yang ditentukan.

 

 

Jalan tersebut pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB menjadi sarana jalan raya kendaraan dan pedestrian bagi pejalan kaki.

 

Sedangkan pukul 17.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB bisa menjadi tempat bagi pelaku usaha kreatif. Tim yang datang hari ini untuk mendorong pedagang mengikuti regulasi pemerintah kota yang sudah ada.