Warga Panam Mengeluh, Tumpukan Sampah Berserakan Usai Drag Race

sampah-berserak.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

Laporan: Haslinda

RIAUONLINE, PEKANBARU - Iven Kejurda Drag Race dan Drag Bike atau Piala Pembina Ikatan Otomotif Riau (IOR) pada 18 - 19 Desember 2021 menyisakan sampah di Jalan Naga Sakti.

Tumpukan sampah menuai komentar buruk dari warga yang melintasi jalanan.

Pasalnya, di sepanjang Jalan Naga Sakti yang menjadi lokasi balapan berserakan sampah-sampah nasi bungkus dan makanan ringan.

Warga Panam, Amad menyebut kegiatan ini bukan hanya mengganggu arus transportasi masyarakat, juga membuat lingkungan area Stadiun Utama Riau itu tampak kotor.


"Untuk kegiatan ini jalannya kan ditutup. Itu aja sudah mengganggu arus transportasi dan aktivitas masyarakat. Masa iya setelah acara malah masih mengganggu. Meninggalkan sampah," tutur Amad.

Ahmad menyebut acara ini tampaknya tidak dikelola dengan baik. Karena ini kali ke dua ia memergoki sampah-sampah itu tetap berserakan pasca acara.

"Panitianya paling tidak dikondisikan lah acara ini. Kalau memang tidak sempat malam-malam itu selesai acara dibersihkan, paling enggak pagi-pagi dibereskan. Udah mau sore masih juga banyak sampah. Malu sama warga yang lalu lalang," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan, Indah. Menurutnya para penonton maupun panitia acara sebaiknya memiliki kesedaran masing-masing untuk membuang sampahnya ditempat yang seharusnya.

"Areanya kan di Stadiun Utama Riau, tempat orang duduk-duduk nyantai sore-sore kulineran. Ya otomatis mengganggu pemandangan lah. Orang-orang yang hadir di acara itu kesadaran diri sendiri ajalah, lebih manusiawi. Masa perkara buang sampah aja enggak paham," tandasnya.

Sementara itu, melalui pantauan Riauonline.co.id, hingga pukul 15.00 WIB belum terlihat petugas kebersihan ataupun panitia membersihkan sampah di lokasi tersebut.