Pedagang Eks Agus Salim Diberi Waktu Tempati Pasar Rakyat

Pedagang-jalan-agus-salim.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Para pedagang yang selama ini berjualan di pedestrian Jalan Agus Salim, Kota Pekanbaru bisa segera menempati tempat relokasi. Ada dua tempat relokasi bagi para pedagang yakni Pasar Inpres dan Pasar Rakyat.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mendorong pedagang segera menempati kedua pasar itu. Para pedagang masih diberi waktu untuk menempati tempat relokasi.

Kepala Disperindag, Ingot Ahmad Hutasuhut tidak menampik bahwa kedua tempat relokasi itu belum bisa menampung seluruh pedagang. Kedua pasar itu hanya bisa menampung 200 lebih pedagang.

Sedangkan jumlah pedagang yang terdata berjualan di kawasan itu mencapai 300 orang lebih pedagang.


"Bagi yang belum mendapat tempat, nanti bisa berjualan dekat Jalan Cengkeh menuju Jalan Ahmad Yani," ujarnya, Senin 29 November 2021.

Ingot menyebut bahwa pihaknya melakukan sosialisasi. Para pedagang hanya bisa berjualan di pedestrian hingga pukul 08.00 WIB. "Kita kan terus mengimbau mereka untuk masuk ke kedua pasar itu, sebagai tempat relokasi," terangnya.

Dirinya sudah melakukan komunikasi dengan perwakilan para pedagang. Mereka menyampaikan sejumlah harapan terkait penataan Kawasan Jalan Agus Salim.

Ingot menyampaikan bahwa penataan kawasan itu merupakan program pemerintah kota. Ia meminta para pedagang bisa menyampaikan aspirasinya bisa dirumuskan bersama.

Ia menyebut, masukan dari pedagang tentu bakal menjadi pertimbangan bagi pemerintah kota dalam menata kawasan itu.