Pasar Rakyat Tak Mampu Tampung Pedagang Eks Agus Salim, Apa Solusinya?

pasar-rakyat.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Daya tampung pasar yang jadi tempat relokasi pedagang eks Jalan Agus Salim, Kota Pekanbaru ternyata belum bisa menampung seluruh pedagang.

Ada dua pasar yang menjadi tempat relokasi pedagang yakni Pasar Rakyat dan Pasar Inpres. Kedua pasar itu hanya bisa menampung 201 pedagang.

Padahal jumlah pedagang yang berjualan di kawasan itu mencapai 353 orang. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut tidak menampik hal itu.

Ia menyebut, kapasitas kedua pasar belum bisa menampung para pedagang yang selama ini berjualan di tepi Jalan Agus Salim dan sekitarnya. Akibatnya sejumlah pedagang pun menolak untuk menempati pasar yang jadi tempat relokasi.


"Kapasitas daya tampung pedagang di kedua pasar cuma 201 pedagang," terangnya, Selasa 23 November 2021.

Menurutnya, dinas sudah berupaya untuk mencari solusi atau masalah daya tampung pasar itu. Pedagang yang tidak tertampung di kedua pasar itu bakal direlokasi ke tempat yang baru di dekat Jalan Cengkeh.

Ingot menyebut, tim yustisi Kota Pekanbaru berupaya melakukan penanganan kawasan itu secara bertahap. Mereka bakal melakukan penertiban secara bertahap hingga pemetaan berhasil dilakukan.

"Maka kita minta para pedagang agar kooperatif, mereka bisa komunikasi dengan dinas terkait penempatan lokasi berdagang yang baru. Kita pertimbangkan segala sesuatunya hingga peluang ekonomi bagi masyarakat di kawasan itu," paparnya.

Penataan kawasan Jalan Agus Salim ini seiring penataan kawasan di sekitar Sukaramai Trade Centre (STC). Pemerintah Kota sudah mempertimbangkan penataan ini dari sisi peluang pada pedagang hingga kenyamanan selama berada di kawasan tersebut.