Penampakan Terbaru Jalan Lobak Pasca Amblas Diterjang Hujan Lebat

Jalan-lobak2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Proses perbaikan jalan amblas di Jalan Lobak, Kota Pekanbaru telah berlangsung hampir satu bulan. Saat ini prosesnya sudah memasuki tahap penyelesaian.

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Syamsulasyri mengatakan, tidak ada kendala signifikan selama proses perbaikan. Namun hanya terkendala bahan material dan pekerja lapangan yang terbatas.

 

Dirinya menyebut bahwa pihaknya juga memperbaiki sejumlah ruas jalan kota. Perbaikan ruas jalan yang jadi prioritas adalah ruas jalan penghubung antar kecamatan yang padat.

 

"Kita juga melakukan pengaspalan sembari penyelesaian perbaikan ruas jalan amblas itu," terang Syamsulasyri.

 

Jalan itu di antaranya jalan penghubung Marpoyan Damai-Sukajadi. Ruas jalan tersebut yakni Jalan Kartama, Jalan Inpres, Jalan Rambutan, Jalan Paus hingga Jalan Ahmad Dahlan.


 

Lalu ruas jalan penghubung antara Bukit Raya-Kulim. Ruas jalan di antaranya, Jalan Parit Indah hingga Jalan Pesantren. Lalu Jalan Kavling yang merupakan penghubung Bukit Raya -Sail.

 

"Kita prioritaskan jalan yang menghubungkan antar kecamatan, Jalan lingkungan yang butuh perbaikan juga kita kerjakan," paparnya.

 

Menurutnya, pengerjaan mayor terhadap ruas jalan itu sudah tuntas. Saat ini tim segera melakukan proses penyelesaian untuk pengerjaan minor di ruas jalan itu.

 

Mereka juga menanti kondisi ruas jalan stabil setelah pemasangan precast. "Setelah agak stabil ada tim untuk melakukan pengaspalan ruas jalan ini," lanjutnya.

 

Sebelumnya, rangkaian perbaikan jalan amblas berlangsung pasca ruas jalan itu amblas pada 25 Oktober 2021 silam. Perbaikan ruas jalan itu sempat ditargetkan berlangsung hanya dalam satu pekan.

 

Namun adanya sejumlah kendala membuat proses perbaikan berlangsung lebih lama dari rencana awal. Alat berat pun membantu proses perbaikan ruas jalan amblas akibat aliran air deras yang mengikis bagian lapisan tanah di bawah jalan.