Vaksinasi Lansia di Pekanbaru Capai 40 Persen

Vaksinasi-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Pekanbaru sudah mencapai 40 persen lebih.

"Kita sudah memacu vaksinasi bagi lansia, pemberian vaksin kita lakukan secara bertahap," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Senin 8 November 2021.

Total ada sekitar 70.384 orang lansia yang mesti mendapat suntikan vaksin hingga akhir tahun 2021. Jamil menyebut, bila vaksinasi lansia di bawah 40 persen maka Kota Pekanbaru bisa kembali naik ke level 3.

"Kita sudah sampaikan kepada seluruh camat, fasyankes dan tim satgas, agar gesa vaksinasi bagi lansia," jelasnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, untuk bertahan di level 2 tim satgas sudah menggesa pemberian vaksin bagi lansia lebih dari 40 persen. Capaian itu meningkat seiring arahan dari Wali Kota Pekanbaru terkait percepatan vaksinasi bagi lansia pada pekan kemarin.

Persentase jumlah lansia yang menjalani vaksin bakal bertambah beberapa hari ini.
Seluruh layanan kesehatan dan berbagai pihak sudah mendukung upaya percepatan vaksinasi lansia dengan mendatangi lansia hingga ke rumahnya.

Ia menyebut seluruh fasilitas layanan kesehatan di Kota Pekanbaru ikut menggesa vaksinasi bagi lansia.

"Maka seminggu ini camat dan kepala puskesmas sudah menggesa vaksinasi bagi lansia di wilayahnya," tegasnya.

Tim satgas juga menggandeng penyelenggara umroh untuk mengajak peserta umroh bisa menjalani vaksinasi Covid-19 sebelum ke tanah suci.

"Bagi yang sudah daftar umroh, kita minta mereka divaksin. Rata-rata yang ikut umroh itu lansia, maka kita minta agar para lansia peserta umroh ikut berpartisipasi," pungkasnya.