PPKM Level II Berakhir, Firdaus Klaim Kasus Covid-19 Turun Drastis

firdaus43.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIUONLINE, PEKANBARU - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Kota Pekanbaru bakal berakhir pada, Senin 8 November 2021. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengklaim terjadi penurunan kasus cukup drastis dalam tiga pekan ini.

Kondisi ini juga terjadi di wilayah Riau secara umum.

"Masyarakat yang terpapar Covid-19 dalam tiga pekan ini terus menurun, kondisi serupa juga terjadi di wilayah lainnya di Riau," terangnya, Minggu 7 November 2021.

Ada penurunan mencapai 78 kasus selama tiga pekan ini. Saat ini kasus aktif Covid-19 hanya 88 kasus.

Sedangkan hari pertama PPKM level 2 tahap III pada 19 Oktober 2021 lalu jumlah kasus aktif mencapai 166 kasus. Penambahan kasus hariannya rata -rata berkisar dua hingga lima kasus.


Firdaus pun berharap masyarakat agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Apalagi sudah banyak kelonggaran dalam aktivitas keseharian masyarakat terutama di pusat perkenomian dan pusat perbelanjaan.

Dirinya mengajak masyarakat ikut berupaya untuk mendorong kasus Covid-19 hingga nol kasus. "Kita berupaya mengendalikan laju kasus Covid-19, maka kita berupaya meningkatkaan perekonomian lebih baik lagi," jelasnya.

Ia menilai dengan mempertahankan kondisi ini membuat masyarakat bisa mengerakkan ekonomi seiring pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Semengara itu, capaian vaksinasi secara umum di Kota Pekanbaru sudah 78 persen. Capaian vaksin pertama sudah melebihi target untuk menuju PPKM level 1.

Capaian vaksinasi secara umum harus di atas 70 persen menjadi satu indikator untuk mencapai PPKM level 1. Ia menyebut bahwa tim satgas bersama pemerintah kota juga menggandeng banyak pihak menggesa vaksinasi.