Anggota DPRD Bengkalis Kunjungi PDAM Tirta Dumai, Ada Apa?

Anggota-DPRD-Kabupaten-Bengkalis3.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAUONLINE, BENGKALIS-Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis menyambangi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dumai, di Jalan Gatot Subroto (Bukit Timah) KM.12, Senin 1 November 2021.

 

Langkah para wakil rakyat itu, guna mendapatkan informasi akurat mengenai pengolahan teknologi Nano Filter, yang mampu memberikan pelayanan penyediaan air minum layak konsumsi. 

 

Kunjungan itu turut dihadiri langsung dua unsur pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis, Syahrial dan Syaiful Ardi, serta Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis H. Adri. 

Kehadiran pimpinan dan anggota DPRD Bengkalis itu disambut hangat oleh Kepala Pengelola PDAM Tirta Dumai Bersemai Agus Adhan dan sejumlah stafnya.

 

Agus Adhan yang juga Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai turut mnejalaskan pengelolaan sistem Nano Filter. Menurut Agus, manajemennya sudah menerapkan sistem pengolahan Nano Filter dengan hasil yang baik dan mampu memberi kontribusi, untuk penyaringan air bersih.

 


Dengan menggunakan Nano Filter ini PDAM Tirta Dumai Bersemai tidak lagi menggunakan kaporit, yang banyak atau bahan kimia seperti biasanya.

 

"Cukup mengirit biaya pengolahan air di PDAM ini dan manfaat airnya juga sangat bagus dari hasil survei ke masyarakat yang menggunakan air PDAM, mereka merasakan perubahan air dari yang sebelumnya dengan yang sekarang sangat jauh perbedaannya, sudah tidak berbau, tidak lengket, dan makin bersih airnya," ujar Agus.

 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Bengkalis H. Adri mengutarakan, dari apa yang telah dijelaskan oleh pihak PDAM Tirta Dumai Bersemai, sistem pengolahan Nano Filter ini perlu diterapkan di PDAM Kabupaten Bengkalis yang sudah memiliki potensi air yang bersih demi kenyamanan masyarakat dalam menggunakan air PDAM.

 

 

 

Senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Syahrial, atas undangan dan informasi ini, DPRD Bengkalis akan membantu dan mendorong PDAM untuk bisa membangun sistem pengolahan Nano Filter ini dengan usaha bersama demi kepentingan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Sehingga pemenuhan air bersih lebih baik kedepannya.

 

“Tujuan dari pertemuan ini untuk mendapatkan informasi lebih jelas terkait pengolahan teknologi Nano Filter yang dapat menghemat biaya produksi dan dapat mewujudkan terselenggaranya penyediaan air minum di Kabupaten Bengkalis yang sudah memenuhi kualitas, kuantitas dan kontinuitas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Syahrial.

 

Dalam kesempatan itu juga rombongan pimpinan DPRD Bengkalis diajak meninjau alat pengelolaan air dan melihat lokasi penyedotan air di kanal PDAM Tirta Dumai Bersemai. Fasilitas Nano Filter yang diterapkan cukup sederhana dan ramah lingkungan.