Satgas Pramuka Peduli dan Pusat Informasi Kwarcab Pekanbaru Resmi Bertugas

Pelantikan-Kwarcab-Gerakan-Pramuka-Kota-Pekanbaru.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Para anggota Pramuka yang tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli dan Pusat Informasi Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru resmi bertugas. Mereka menjalani proses pelantikan pada, Selasa 2 November 2021.

 

Proses pelantikan berlangsung dalam rangkaian Rakercab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru tahun 2021 di Grand Tjokro Hotel. Mereka juga meluncurkan laman resmi Kwarcab Kota Pekanbaru.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengapresiasi  Kwarcab Pramuka Pekanbaru yang membentuk tim satgas peduli dan pusat informasi. Kedua tim ini sangat membantu di masa pandemi dalam mendukung program penanganan Covid-19. "Jadi kelembagaan ini menjadi wadah mengabdi kepada masyarakat," paparnya usai kegiatan.

 

 

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru juga mengapresiasi hadirnya laman kwarcabpekanbaru.or.id. Ia menyebut bahwa portal informasi ini bisa menjadi media khusus untuk menyampaikan informasi seputar aktivitas Pramuka.

 


"Jadi media ini tidak cuma menjadi wadah dokumentasi kegiatan organisasi ini, tapi memberikan informasi kepada masyarakat, anggota pramuka dan kawula muda," ujarnya.

 

Dirinya berpesan agar nantinya rencana kerja ini berupa kegiatan yang efektif sesuai dengan tantangan dan kemajuan zaman. Ia tidak ingin para anggota kwarcab hanya meniru kegiatan tahun sebelumnya.

 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbar, Masykur Tarmizi menyebut bahwa rakercab bertujuan untuk menyampaikan laporan dan evaluasi program kerja tahun. Mereka juga menyusun program kerja tahun 2022.

 

Kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru saat ini merupakan hasil muscab pada 8 Februari tahun 2020. Mereka sudah menjalani pengukuhan dan dilantik oleh Wali Kota Pekanbaru.

 

 

Masykur mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua dalam melaksanakan tugas. Ia menyadari selama pandemi Covid-19 program Pramuka harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. "Jadi di tengah kondisi pandemi, kita berupaya menuntaskan tugas dan fungsi dengan menjalankan sejumlah program kerja sesuai prokes ketat," paparnya.

 

Dirinya menyebut bahwa kegiatan kwarcab lebih fokus pada program pembinaan pramuka penegak, pandega dan anggota dewasa. Sedangkan program pembinaan bagi pramuka  siaga dan penggalang masih belum bisa dilakukan.

 

Kwarcab Kota Pekanbaru juga sudah menggelar sejumlah kegiatan di antaranya bakti sosial dan bagi-bagi masker. Lalu penyemprotan disiinfektan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.