Bikin Ngiler, Ini 7 Rekomendasi Makanan Nikmat Khas Riau

Gulai-Patin2.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tak lengkap rasanya apabila anda berkunjung ke Riau tanpa menyantap makanan khas asalnya.

Berbagai jenis olahan dapat anda temui di Riau. Mulai dari makanan utama seperti sup hingga kudapan unik yang menggugah selera, terlebih untuk olahan ikannya.

Faktanya Riau memiliki potensi penghasil ikan terbesar di Indonesia, maka tak heran jika banyak olahan kuliner Riau yang menggunakan bahan dasar ikan.

Saat ini Riau Online akan memberikan informasi mengenai Sejarah Riau, 7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Gulai Ikan Patin

5 Resep Menu Buka Puasa Ikan Patin, Lezatnya Sampai Kejiwa Batin

7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / idntimes.com

Makanan yang wajib anda coba salah satunya adalah Gulai Ikan Patin, hidangan ini memiliki tekstur ikan yang lembut, kuah kental berwarna kuning pekat yang terbuat dari rempah pilihan, sehingga menambah kelezatanya. Dijamin lidah anda terasa dimanjakan dengan menyantap makanan berkuah ini. Bagi anda yang tidak menyukai aroma bau amis dari ikan patin tidak perlu kahwatir, karena cara pengolahan maupun bahan yang digunakan telah disesuaikan, dengan memberi jeruk nipis pada lapisan ikan sehingga aroma khas dari ikan patin ini tidak tercium sama sekali.

2. Sop Tunjang

Sop Tunjang Pertama, Sedap! - BroSisPKU | Cerita, Info, Kuliner di Kota  Pekanbaru, Riau

7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / brosispku.com

Makanan yang cocok disantap pada musim penghujan seperti saat ini adalah makanan yang berkuah, salah satu hidangan berkuah rekomendasi kami adalah Sop Tunjang, hidangan khas Riau ini terdiri dari tulang kaki sapi segar, dilengkapi dengan beberapa sayuran yaitu wortel, tomat dan kentang, tidak lupa dengan tburan daun bawang dan bawang goreng lalu saus sambal agar menambah kelezatannya

 

3. Ikan Baung Asam Pedas


Resep Membuat Gulai Asam Pedas Masakan Khas Karimun - Wisatago™ | The  Solution in Your Traveling

7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / wisatago.com

Bagi anda pecinta makanan pedas, anda wajib coba Ikan Baung Asam Pedas. Kuliner khas Riau yang diolah dengan bahan dasar ikan ini selain rasa kuahnya yang pedas, aroma rempahnya yang begitu wangi dan juga panganan ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat tambahan asam kandis yang menambah cita rasa dan kesegaran. Ikan Baung Pedas sangat tepat dinikmati ketika santap siang bersama keluarga.

4. Gulai Cipuik



7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / spesialresep.com

Sejarah Riau, 7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau selanjutnya yaitu Gulai Cipuik, makanan ini menggunakan bahan dasar dari binatang siput. Kata cipuik sendiri memiliki arti yaitu siput, dalam penyajiannya kuliner ini cukup mudah untuk diolah. Bumbu yang dicampur untuk menambah cita rasa makanan ini hanya menambahkan bawang merah, bawang putih dan santan. Jika anda menyukai pedas, bisa juga menambahkan sedikit cabai.

5. Roti Jala


Makanan Khas Riau Menggugah Selera » WebsiteRiau.co.id

7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / websiteriau.co.id

Bagi anda yang ingin menyantap kudapan ringan, maka Roti Jala menjadi pilihan yang tepat. Hidangan ini berupa roti yang dilengkapi dengan kuah sebagai penambah rasa. Kuah tersebut berupa kuah kari, baik daging sapi, daging ayam bahkan daging kambing.

6. Ikan Selais Asap

Kenali Ikan Selais Asap, Kuliner Mantap Khas Riau : Okezone Lifestyle

7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / lifestyle.okezone.com

Makanan khas Riau selanjutnya yaitu Ikan Selai Asap, ikan jenis ini merupakan ikan asli yang hidup diperairan Riau, dengan begitu masyarakat Riau mengolah hasil alamnya ini dengan olahan nikmat ini. Rasa gurih dari panganan khas ini sangat cocok disantap bersama teman maupun keluarga, ikan Selais Asap ini banyak diolah dengan cara diasap kemudian ditambah lagi dengan olahan bumbu tumis lainnya seperti menambahkan bumbu balado agar menambah kelezatannya

7. Mie Sagu



7 Rekomendasi makanan nikmat khas Riau / sajiansedap.grid.id

Keunikan kuliner khas Riau memang tidak ada matinya, Riau memiliki panganan unik yaitu mie yang terbuat dari tepung sagu, dilengkapi tauge rebus dan ikan teri.

Cara pengolahan mie sagu ini cukup mudah dan juga memili 3 variasi yaitu mie sagu kering, lembab dan kuah. Makanan ini menjadi incaran para wisatawan maupun warga lokal karena rasanya yang nikmat dan juga kandungan gizi yang lengkap.

Sekian informasi mengenai sejarah Riau, 7 rekomendasi makanan nikmat khas Riau. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang bingung untuk memilih makanan khas ketika berkunjung ke Riau, selamat mencoba!