Diguyur Bonus Rp 13,5 Miliar, Leani Ratri Oktila Senang Presiden Tak Pilih Kasih

Leani-Ratri-Oktila-bersama-Presiden-Jokowi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 asal Riau, Leani Ratri Oktila bersyukur dengan kebijakan Presiden Joko Widodo.

Presiden jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyetarakan bonus untuk peraih medali di Olimpiade dengan Paralimpiade.

Hal itu juga diamini Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Seperti bonus untuk peraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020 dari pemerintah Indonesia sudah dipastikan akan sama persis seperti para atlet yang berjaya di Olimpiade Tokyo 2020.

Peraih medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020 juga akan mendapat bonus Rp 5,5 miliar, perak Rp 2,5 miliar, dan perunggu Rp 1,5 miliar.

BREAKING NEWS: Ratri Tunjukan Rekeningnya Terisi Rp 13,5 Miliar Dari Hadiah  Paralympic Tokyo - Tribunpekanbaru.com

Leani Ratri Oktila

 

“Kita berhasil ini karena pak Jokowi. Pak Jokowi berani menyetarakan harkat dan martabat kita dengan yang non difabel. Itu yang membuat semangat kita bangkit,” kata Senny Marbun dalam acara bincang-bincang yang dipandu Rosianna Silalahi pada Kamis (16/9/2021) malam.

Senny juga menyampaikan prestasi Indonesia menyabet dua emas di Paralimpiade Tokyo 2020 dicapai atas dukungan dan perhatian Menpora. Pasalnya Menpora selalu mendukung atlet NPC untuk terus mengikuti kualifikasi paralimpiade.


“Pak Menpora memberi kita ruang yang sangat longgar, untuk latihan dan peralatan yang kita punyai. Pak Menpora selalu mengatakan, jangan kamu putus asa dengan kekuranganmu. Sama yang saya selalu katakan kepada teman-teman jangan pernah hitung yang hilang dari tubuhmu, tapi hitung yang masih tersisa. Itu yang selalu saya suntik kepada mereka,” ungkap Senny.

Komentar Leani

Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila

Pernyataan senada juga disampaikan atlet Parabulutangkis, Leani Ratri Oktila. Menurut peraih dua emas di Paralimpiade 2020 ini, di era kepemimpinan Jokowi semua atlet baik yang difabel maupun non difabel benar-benar disetarakan.

“Di masa pemerintahan Pak Jokowi ini kami atlet merasa disetarakan dari keseluruhan. Jadi kita nggak merasa berbeda dengan yang lain. Itu buat kita percaya diri,” ujarnya.

Leani Ratri Oktila berhasil mendapatkan uang Rp 13,5 miliar setelah berhasil meraih 2 emas dan 1 perak. 

Sebagaimana diketahui, Leani meraih dua emas dari cabang parabadminton.

Emas pertama diraihnya bersama Khalimatus Sadiyah pada nomor ganda putri, dan emas kedua pada ganda campuran berpasangan dengan Hary Susanto. Leani juga berhasil membawa pulang medali perak pada cabang olahraga parabadminton tunggal putri.

 

Menpora
Sementara itu, Menpora pada kesempatan ini menegaskan bila sejak dirinya menjadi Menpora, atas arahan dari Presiden Jokowi semua atlet disetarakan baik yang difabel maupun yang non difabel.

“Pak presiden memberi arahan pada saya, pak Menpora jangan sedikit pun ada perbedaan pelayanan kepada atlet NPC. Jadi arahan itu saya pedomani dan sampai sekarang saya seperti keluarga (dengan atlet difabel),” ujar Zainudin Amali dikutip dari liputan6.com

Masih menurut Menpora, di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah ditadatangani Presiden Jokowi Perpresnya pada saat Haornas 9 September 2021 lalu tidak ada perbedaan fasilitas yang didapatkan semua atlet nasional.

“Di dalam DBON ini kami beri tempat yang setara antara atlet-atlet olimpiade dan paralimpiade. Tentu kita menfasilitasi sama persis, apa yang didapatkan oleh atlet olimpiade, mulai dari persiapannya, Pelatnasnya, pengiriman ke kualifikasi. Kemudian pada saat bertanding semuanya kami setarakan, tidak ada perbedaan sedikitpun. Karena kami tahu bahwa teman-teman yang terhimpun di NPC ini mereka punya kemampuan dan juga semangat untuk berprestasi,” jelasnya.