Bupati Alfedri Dukung Penuh Hari Pers Nasional 2022 di Kabupaten Siak

Alfedri-bersama-PWI.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

 

RIAU ONLINE, SIAK-Bupati Siak, Alfedri mendukung penuh pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak.

 

Ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 ini tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Siak dan PWI Siak.

 

Kali ini Pemkab Siak bersama PWI Siak mengambil kesempatan untuk mempromosikan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Siak, yaitu Taman Nasional Zamrud (TNZ) yang berada di kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

 

TNZ merupakan danau rawa gambut terluas di Indonesia, selain potensi wisatanya besar di dalamnya terdapat Danau yang indah dinamai dengan danau Zamrud. 

 

Perlombaan juga digelar menjelang puncak Hari Pers Nasional di bulan februari 2022 mendatang. Perlombaan yang digelar yakni lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi mengusung tema tentang danau Zamrud.

 

Pelombaan tersebut diikuti oleh seluruh jurnalis perwakilan Kabupaten se-Provinsi Riau. 

 

Mengingat ini masih dalam masa pandemi Covid -19, masing-masing peserta per Daerah akan dibatasi jumlahnya, Kemudian untuk hasil pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak HPN.


 

Bupati Siak, Alfedri, berharap hasil karya jurnalistik seperti karya tulis dan foto itu nantinya dapat menambah pengetahuan dan daya tarik bagi Wisatawan lokal bahkan domestik untuk mengunjungi TNZ.

 

"Dengan lokasi dan view yang bagus barangkali ini nanti bisa menunjang popularitas objek wisata di TNZ, sehingga menimbulkan minat baru bagi wisatawan," saat menerima pengurus PWI Kabupaten Siak dir umah Dinas Bupati, Selasa 7 September 2021.

Pemkab Siak bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau juga telah melakukan beberapa pengembangan di kawasan pemanfaatan TNZ dengan pola pengembangan berkonsentrasi kepada kegiatan wisata terhadap minat khusus.

 

"Master plannya sudah disiapkan, dan kita sudah ada MoU untuk pengembangan wisata di TNZ dengan BBKSDA dizona pemanfaatan." 

 

Saat ini di sana sudah berjalan program budidaya perikanan, seperti ikan Toman, nila dan beberapa jenis ikan lainya.

 

Kemudian sudah ada fasilitas angkutan berupa sampan yang disiapkan oleh BBKSDA untuk menjelajahi Danau Zamrud.

 

"Ke depan juga diupayakan ada pengembang yang membangun restoran terapung atau mungkin penginapan terapung, termasuk kios yang menjual cinderamata," jelasnya.

 

 

 

 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Siak, Wiwik Widaningsih. Mengatakan, lomba karya jurnalistik itu akan diselenggarakan pada bulan November 2021 ini, dua bulan sebelum acara puncak HPN 2022.

 

Para peserta lomba bakal diajak langsung turun ke lokasi menyusuri Danau Zamrud, disana lah nanti peserta melakukan observasi dan mengumpulkan materi untuk karya jurnalistiknya.

 

Semua fasilitas sudah diakomodir oleh PWI bekerjasama dengan Pemkab Siak.

 

Menurut Wiwik, lomba yang mengusung potensi objek wisata di TNZ itu merupakan bentuk sinergi antara PWI dan Pemkab d isektor kepariwisataan Siak, terlebih saat ini Menparekraf tengah menggalakkan wisata unggulan yang ada di tiap Daerah.

 

"Makanya kita pilih TNZ supaya mendongkrak minat wisatawan," katanya.

 

Terkait perlombaan, dalam waktu dekat PWI Siak segera mengumumkan pembukaan pendaftaran, termasuk informasi syarat dan ketentuan mengikuti lomba tersebut.