Obat dan Oksigen Aman, Jatah Vaksin Masih Kekurangan

dis-mimi.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyebut hingga saat ini ketersedian obat-obatan dan oksigen masih cukup.

"Obat-obatan sampai saat ini inshaallah cukup. Untuk oksigen, Pemerintah sudah menyiapkan. Salah satunya di halaman parkir Gubernur. Rumah sakit bisa mengisi di kantor Gubernur," ungkap Mimi,minggu 18 Juli 2021.

Atas hal ini, ia berharap masyarakat tidak panik hingga melakukan pembelian berlebihan (panic buy).

"Sampai saat ini belum (panic buy), mudah-mudahan tidak ada," tambahnya.


Namun hal berbeda terjadi untuk ketersediaan vaksin. Mimi menyebut vaksin masih kurang untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi harian di Riau.

"Vaksin ini kan didistribusikan bertahap, dan ini belum mencukupi yang dibutuhkan provinsi Riau," ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi yang datang berkisar 50.000 hingga 60.000 perminggu ini tak mencukupi kebutuhan vaksinasi harian di Riau yang ditargetkan mencapai 30.000 orang per hari.

"Target harian kita 30.000, sementara yang datang itu hanya 50.000-60.000 pertahap. Ini menjadi tantangan kita. Padahal masyarakat sudah sangat antusias untuk di-vaksin, tapi vaksinnya belum cukup," paparnya.

Mimi menjelaskan, vaksin dosis terakhir datang berjumlah 5.090 vial atau 50.900 dosis dan didistribusikan ke TNI, Polri, dan pemerintah kabupaten kota.