Jumlah Penerima Vaksin Terus Bertambah Menyusul Terbatasnya Stok Vaksin

vaksin-anak.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru bertambah seiring kebijakan anak dan remaja bisa mendapat suntikan vaksin. Pemerintah telah menetapkan vaksin anak rentang usia 12 hingga 17 tahun.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengatakan ada penambahan 123.053 orang. Jumlah ini bisa bertambah karena belum semua anak terdata dalam penerima vaksin.

Awalnya jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru sebanyak 722. 221. Total jumlah penerima vaksin menjadi 845.274 orang.

"Ada penambahan lagi, kita berupaya agar seluruhnya bisa suntik vaksin hingga akhir tahun 2021," paparnya, Selasa 13 Juli 2021.

Menurutnya, keterbatasan pasokan vaksin jadi kendala mendasar dalam vaksinasi bagi masyarakat. Saat ini vaksin terbatas sehingga vaksinasi tidak optimal.


"Ada vaksin tambahan untuk sementara, tapi hanya terbatas. Itu pun dibagi ke 12 kabupaten atau kota di Riau," paparnya.

Arnaldo mengatakan bahwa nantinya memang ada vaksin berbayar. Vaksin berbayar hanya bagi sektor usaha padat karya.

"Mereka nantinya mendapat vaksin berbayar, ada lokasi tertentu untuk suntik vaksin berbayar," jelasnya.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru pun mengajukan penambahan sekitar 50 ribu dosis vaksin. Dinkes segera menyurati dinas kesehatan provinsi terkait penambahan pasokan vaksin.

Pasokan vaksin yang tersedia saat ini mencapai 2.334 vial. Pasokan vaksin ini hanya cukup untuk sekitar 23 ribu dosis vaksin.

Arnaldo mengimbau masyarakat tidak khawatir. Pasokan ini masih cukup untuk vaksinasi selama satu pekan.