Gencarkan Vaksinasi Gotong Royong, Karyawan RAPP: Saya Siap dan Mau Divaksin

vaksin-karyawan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI – Salah satu sinyal positif untuk keluar dari pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan vaksinasi. Seperti suara dari para karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang sudah tidak sabar menunggu giliran untuk divaksin. Sebab, mereka percaya, vaksin adalah usaha dan ikhtiar untuk menanggulangi COVID-19.

 

Salah satu karyawan RAPP di Estate Pelalawan, Gunawan mengaku dirinya sudah siap untuk divaksin.  Ia pun telah mencari berbagai informasi mengenai vaksin COVID-19, baik dari televisi maupun internet.

 

“Saya siap dan mau divaksin. Karena itu untuk kebaikan kita semua. Kalau kita sudah divaksin, minimal antibodi kita menjadi lebih baik. Apalagi di masa pandemi ini, salah satu yang disarankan pemerintah adalah dengan vaksinasi,” ujarnya, Minggu (18/7/2021).

 

Hal yang sama juga dipilih oleh Illias Sadat, karyawan RAPP di bagian perencanaan. Awalnya, ia sempat tidak ingin divaksin. Lalu, sejalan dengan waktu ia mendapatkan informasi dari berbagai pihak, baik dari teman, rekan kerja bahwa vaksinasi aman dan halal.

 

“Semakin banyak orang yang divaksin, daya tahan tubuh kita siap terhadap virus dan semakin kuat kekebalan tubuh kita semua,” tuturnya.


 

PT RAPP yang merupakan bagian dari Grup APRIL, telah memulai vaksinasi gotong royong bagi seluruh karyawan di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, sejak Juni 2021 lalu. Secara total, APRIL yang merupakan bagian dari Grup Raja Garuda Emas (RGE) mengalokasikan sebanyak 43.474 dosis vaksin COVID-19 Sinopharm yang dialokasikan untuk karyawan RGE di seluruh Indonesia secara bertahap.

 

Untuk diketahui, vaksin tahap pertama telah dibagikan 1.800 dosis kepada karyawan PT RAPP yang berada di wilayah operasional di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Pada tahap kedua sebanyak 3.000 dosis diberikan kepada karyawan PT RAPP yang berada di Estate Pelalawan, Baserah dan Pulau Padang. Dosis kedua akan diberikan mulai 26 Juli mendatang. 

 

Presiden Direktur RAPP Sihol Aritonang menyampaikan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bentuk kontribusi Grup APRIL dalam menyukseskan Program Vaksinasi Nasional sebagai agenda prioritas pemerintah yang bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.    

 

“Vaksinasi ini merupakan upaya perusahaan yang selalu menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama. Vaksin ini memberikan perlindungan bagi karyawan kami untuk tetap bekerja di era new normal ini dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor Hutan Tanaman Industri,” kata Sihol.

 

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta W. Kamdani mengapresiasi langkah cepat APRIL, dalam pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong. Adapun, dia berharap lebih banyak lagi perusahaan yang mendaftarkan karyawan mereka untuk vaksinasi demi segera tercapainya herd immunity.  

 

“Kami berharap sinergi antara pemerintah dan swasta dalam menyukseskan pelaksanaan vaksin nasional dapat berkontribusi positif untuk sektor kesehatan dan ekonomi, tidak hanya untuk melindungi kesehatan pekerja namun juga mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujar Shinta. 

 

RGE mengelola pemberian vaksin COVID-19 bagi unit usaha di bawahnya yang bergerak di industri manufaktur berbasis sumber daya alam yaitu Asia Pacific Resource International Limited (APRIL), Asia Pacific Rayon (APR), Asian Agri, Apical, dan Pacific Oil and Gas (PO&G) serta lembaga filantropi Tanoto Foundation. Pemberian vaksin COVID-19 akan tersebar di beberapa wilayah meliputi Jakarta, Pelalawan, Medan, Dumai, Balikpapan, Jambi, dan Kalimantan.