Antisipasi Antraks, Dinas Pertanian dan Peternakan Periksa 40 Ekor Sapi

pemeriksaan-sapi-kurban.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru laksanakan pengecekan hewan kurban di kandang peternakan Jalan Melati, Kecamatan Kulim, Pekanbaru.

Demi memastikan kesehatan hewan kurban, dokter Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru melaksanakan pengecekan hewan kurban.

Sekitar 40 ekor sapi di kandang peternakan dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter. Pemeriksaan meliput, mata, gigi, kulit dan perilaku hewan.

Dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Rita Setyawati mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap puluhan hewan sapi di kandang ternak dalam kondisi sehat dan layak untuk dilakukang pemotongan saat Hari Raya Idul Adha mendatang.

“Kita melakukan pemeriksaan untuk melihat kesehatan hewan. Apabila hewan dinyatakan sehat maka akan diberikan surat keterangan kesehatan hewan terhadap pedagang sapi,” terangnya, Selasa, 13 Juli 2021.

Dirinya menyebut, sekitar 40 hewan dinyatakan sehat dan bisa dilakukan pemotongan saat Hari Raya Idul Adha.

 


 

 

“Dari hasil pemeriksaan oleh tim dokter, 40 ekor sapi dinyatakan layak untuk dilakukan pemotongan,” ujarnya.

Rita menambahkan, pemeriksaan hewan ini dilakukan untuk mengantisipai penyakit pada hewan.

“Kita mengantisipasi penyakit antraks, karena kalau ditemukan ada penyakit antraks maka hewan ini tidak bisa dilakukan pemotongan karena akan menular ke manusia,” jelasnya.