Jumlah Pelamar dan Lapangan Pekerjaan Timpang di Pekanbaru, Ini Penyebabnya!

Abdul-Jamal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mencatat ada 2.073 orang pencari kerja di Kota Pekanbaru. Mereka terdata dari Januari hingga Mei 2021.

Lowongan kerja yang tersedia dalam lima bulan ini hanya 1.110. Sebanyak 963 orang pencari kerja tidak mendapat lowongan kerja. Jumlah lowongan kerja yang tersedia belum sesuai dengan jumlah pencari kerja di Kota Pekanbaru.

"Jumlah lowongan kerja memang terbatas, jumlahnya belum sesuai dengan jumlah pencari kerja," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu 30 Juni 2021.

Menurutnya, lowongan yang tersedia pun tidak bisa terisi semua. Ada sejumlah pelamar kerja yang tidak memenuhi syarat. Kondisi ini membuat tidak semua pencari kerja mendapat pekerjaan.


Namun, lanjutnya, yang bisa menempati posisi dalam lowongan kerja cuma 1.072 orang. Ada 38 orang yang tidak dapat mengisi posisi lowongan kerja yang ada.

Pencari kerja terbanyak pada Januari 2021 silam. Jumlahnya mencapai 1.169 orang. Tapi hanya 992 orang yang tersedia.

Seluruh lowongan terisi pada Januari lalu. Sedangkan pada Maret ada 247 orang pencari kerja. Sayangnya cuma 16 lowongan kerja yang tersedia dan tidak satu pun posisi yang terisi pada Maret lalu.