PPDB Online 2021, SMKN 2 Teluk Kuantan Siap Tampung 468 Siswa

SMK-2.jpg
(ROBI/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau siap menampung 468 siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022.

"Untuk daya tampung ada 468 siswa, dan pendaftaran bisa dari rumah karena digelar secara online," kata Kepala SMKN 2 Teluk Kuantan Arman Yulis kepada Riau Online, Selasa, 8 Juni 2021 kemarin.

Pendaftaran PPDB online tingkat SMK/SMA dimulai pada 14 Juni-21 Juni 2021. Peserta bisa mendaftar dari rumah masing-masing cukup membuka website www.ppdbriau.net.

Arman mengatakan, sebagai gambaran pada PPDB tahun ini SMKN 2 Teluk Kuantan memiliki 5 program keahlian atau jurusan dengan jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 13 rombel.

Lima jurusan yang disiapkan tersebut diantaranya mulai Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Perhotelan (PHT), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).


Sementara untuk jalur pendaftaran ada 4 jalur yang disiapkan yakni mulai jalur Afirmasi (siswa kurang mampu). Syarat utama untuk memilih jalur afirmasi peserta didik wajib memiliki kartu KIP, PKH, SKTM atau anak penyandang disabilitas.

Kemudian jalur tempatan, syarat utama jalur ini calon peserta didik yang jarak tempat tinggal atau domisili terdekat dengan SMKN 2 Teluk Kuantan.

"Daya tampung dua jalur ini masing-masing 15 persen dari total daya tampung seluruhnya sebanyak 468 siswa," katanya.

Selanjutnya jalur perpindahan tugas orang tua atau wali daya tampungnya 5 persen, dan syarat utama jalur ini calon peserta didik yang orang tuanya pindah tugas dengan dibuktikan dengan SK pindah tugas.

Dan terakhir jalur prestasi, untuk jalur ini daya tampung yang akan diterima itu 65 persen, dan syarat utamanya calon peserta didik bisa dari Kuansing maupun luar Kuansing di Provinsi Riau memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 dan memiliki sertifikat prestasi akademik dan non akademik sebagai nilai tambah nilai rapor.

"Untuk jalur prestasi tidak harus juara atau dapat rangking, tapi yang terpenting nilai semester itu harus bagus. Jadi yang kita lihat itu nilai rapor, kalau berprestasi itu sudah tentu lulus," katanya.

Dia menambahkan kalau SMKN 2 Teluk Kuantan dipastikan tidak menerapkan zonasi pada PPDB tahun 2021. "Karena tidak semua SMK di Kuansing ada jurusan yang sama, maka tidak dilakukan penerimaan secara zonasi," pungkasnya.