Pemko Pekanbaru Buka Seleksi Jabatan Untuk Dua OPD

Firdaus18.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana membuka kembali seleksi jabatan untuk posisi kepala OPD yang kosong. Rencana seleksi dibuka pada Juli 2021 ini.

Hingga kini, ada dua posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih diisi oleh pelaksana tugas atas plt. OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, lalu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru.

Jabatan Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru kini juga masih dijabat plt. Rencananya pemerintah kota membuka seleksi untuk jabatan tersebut.

"Ada rencana pada Juli nanti kita buka assesment untuk mengisi posisi jabatan yang kosong," tegas Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Jumat 28 Mei 2021.


Menurutnya, pemerintah kota melakukan evaluasi kinerja terhadap para kepala OPD. Evaluasi sudah berlangsung pada Mei hingga Juni nanti.

Ia menyebut saat ini sudah terbentuk tim assesor. Mereka melakukan evaluasi terhadap para pejabat di lingkungan pemerintah kota.

Lebih lanjut ia jelaskan, evaluasi ini terhadap kinerja para Kepala OPD selama satu tahun. Evaluasi ini lebih cepat dari sebelumnya yakni kinerja selama dua tahun.

"Agak cepat evaluasi saat ini, sebab masih di masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Dirinya bakal melalukan rotasi jabatan setelah mendapat hasil evaluasi jabatan. Ada sejumlah pejabat mengalami pergeseran jabatan sesuai kinerjanya.

"Setelah ada rotasi, baru kita gelar assesment untuk mengisi jabatan yang kosong," jelasnya.

Firdaus berujar, setelah rotasi nantinya bisa saja sejumlah jabatan terisi. Hasil evaluasi bisa memperlihatkan posisi yang sesuai bagi pejabat saat ini di OPD.