Doni Saputra Minta Wali Kota Jangan Doyan Gonta-ganti Pejabat Pemko

doni-saputra.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Doni Saputra mengatakan, pasca kekosongan jabatan dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar assesment. 

 

Sebelum assesment dimulai untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, Pemko Pekanbaru sedang mengevaluasi kinerja seluruh pejabat. 

 

“Hingga saat ini, saya pribadi belum menerima laporan tentang wacana evaluasi bagi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru," katanya. 

 

Politisi PAN ini juga mengatakan,  Walikota Pekanbaru jangan seenaknya gonta-ganti pejabat. Sebaiknya berikan kesempatan terlebih dahulu kepada pejabat-pejabat ini.

 


"Ini baru enam bulan menjabat sudah diganti lagi," keluhnya. 

 

Doni menilai, evaluasi terhadap kinerja Kepala OPD atau Kepala Dinas di tengah pandemi Covid-19 dinilai tidak efektif. Jika nantinya Pemko Pekanbaru tetap akan mengevaluasi dan menggelar assesment, pihaknya meminta untuk melibatkan DPRD Kota Pekanbaru. 

 

Lebih lanjut, Doni berujar, jangan sampai posisi Kepala Dinas ditempati oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya, apalagi Kepala Dinas Kesehatan. 

 

"Jangan sampai penempatan posisi jabatan Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dilakukan seperti yang lalu. Tolong Pemko Pekanbaru juga memberikan informasi kepada DPRD Pekanbaru, jangan kami tahunya setelah dilantik nanti. Kalau evaluasi dan assesment karena ada sesuatu hal atau embel-embel di belakang, ya mending gak usah lah,” pungkasnya. 

 

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru masih pelaksana tugas atau plt. OPD tersebut belum memiliki pejabat defenitif.

 

Informasi riauonline.co.id, OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

 

 Jabatan Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru kini juga masih dijabat plt. Rencananya pemerintah kota membuka seleksi untuk jabatan tersebut.

 

"Nanti bakal kita seleksi lagi, mana yang kosong kita ajukan dalam seleksi jabatan," terang Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, 26 Mei 2021.