7 Hari Pasca Kunjungan Presiden Jokowi, Riau Juara 1 Kasus Positif Covid-19 Tingkat Nasional

Virus-corona66.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau melonjak tajam. Riau saat ini berada di urutan pertama dari 34 provinsi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI pertanggal Rabu, 26 Mei 2021 pukul 12.00 WIB, lima daerah dengan penambahan kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak yakni Provinsi Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

Penambahan kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 739 pasien. Penambahan kasus ini menempatkan Provinsi Riau berada di urutan pertama.

Jawa Barat diposisi kedua dengan penambahan kasus sebanyak 660 pasien.

Ketiga Provinsi DKI Jakarta 617 kasus, pada urutan keempat Jawa Tengah 548 kasus, dan urutan kelima Sumatera Barat 290 kasus.


Dengan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 739 pasien, maka total terkonfirmasi di Provinsi Riau berjumlah 56.906 kasus.

Kemudian, untuk jumlah penambahan pasien sembuh dari Covid-19 di Riau berjumlah 347 orang. Dengan demikian, total pasien sembuh di Riau dari Covid-19 berjumlah 50.166 orang.

Untuk penambahan pasien meninggal dunia di Provinsi Riau akibat terpapar Covid-19 berjumlah 27 orang. Dengan demikian, total pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Riau berjumlah 1.496 orang.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan rata-rata perhari ada sepuluh orang pasien meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Bahkan kata dia, setiap tiga jam ada satu pasien warga Riau meninggal dunia.

"Setiap hari ada rata-rata kita sepuluh orang meninggal, setiap tiga jam ada satu orang meninggal dunia di Provinsi Riau akibat Covid-19," kata Indra Yovi, kepada RiauOnline, Selasa, 25 Mei 2021.

Pemerintah pusat memang memberikan target agar Riau dapat menurunkan angka Covid-19.

"Target itu harusnya memberikan kita cambuk untuk bagaimana menangani kondisi ini dengan serius. Keseriusan ini harus diperlihatkan oleh pemerintah kota dan kabupaten. Provinsi juga harus serius, memberikan arahan dan masukan serta teknis cara penanganan," ungkapnya.

Saat kunjungan kerja ke Riau, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Pemprov Riau agar kasus terkonfirmasi turun dalam jangka waktu dua minggu atau 14 hari.