Desa Pulau Busuk Inuman Kuansing Terancam Tak Dapat Kucuran Dana Desa

Dana-Desa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Desa Pulau Busuk Inuman, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau terancam tidak mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) dan dana Kabupaten karena tidak mampu menuntaskan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021.

"Masih ada satu desa yakni Desa Pulau Busuk Kecamatan Inuman yang belum dikucurkan Dana Desa karena belum tuntasnya APBDes," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman kepada Riau Online, Senin, 24 Mei 2021.

Pemkab sendiri sudah memberikan peringatan secara lisan melalui musyawarah kepada desa tersebut karena belum juga menyelesaikan penyusunan APBDes sebagai syarat pengusulan pencairan Dana Desa.


"Kalau tidak juga selesai sampai bulan Juni 2021 ini, maka Desa Pulau Busuk tidak akan mendapatkan kucuran dana desa maupun dana kabupaten di tahun berikutnya," ujarnya.

Menurut Napisman, tentu ini nantinya akan sangat merugikan masyarakat Desa Pulau Busuk apabila dana desa dan dana kabupaten tidak disalurkan karena lambatnya penyusunan APBDes di desa tersebut. "Kemarin kabarnya draf APBDes sudah berada di BPD, kita minta ini secepatnya dituntaskan," katanya.

Sebelumnya Napisman menyampaikan paling lambat pada Juni 2021 ini Dana Desa tahap I (satu) sudah harus tuntas disalurkan. Apabila tidak disalurkan akan ada sanksi yang diberikan.