Belum Satupun Desa di Kuansing Ajukan Pencairan ADD

napis.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sampai Selasa, 20 April 2021 kemarin, belum satupun desa di Kabupaten Kuansing, Riau mengajukan pencairan alokasi dana desa (ADD) ke Pemkab Kuansing. Kuansing sendiri memiliki 218 desa dan 11 Kelurahan.

"Belum ada satupun desa yang ngajukan, kita masih menunggu aba-aba dari BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,red)," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman dihubungi, Selasa, 20 April 2021.

Napis mengatakan, apabila Dana Alokasi Umum (DAU) sudah ditransfer, pihaknya akan imbau desa untuk mengajukan pencairan ADD. "Kini masih menunggu ketersediaan anggaran," katanya.


Akibat belum ditransfernya DAU oleh pusat, para kepala desa termasuk para perangkat desa dan BPD di Kabupaten Kuansing, Riau hingga kini belum terima gaji. Mereka sudah bekerja selama lebih kurang empat bulan.

"ADD ini sumber dananya dari Dana Alokasi Umum (DAU). Sementara DAU kita sudah dua kali ditunda belum di transfer pusat," kata Dia ditemui Riau Online, Senin, 19 April 2021.