Jalan Rusak Akibat Bekas Galian Perpipaan Limbah Rumah Tangga Belum Dibenahi

jalan-rusak-pipa.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kondisi sejumlah titik bekas galian perpipaan limbah rumah tangga di Kota Pekanbaru memprihatinkan. Banyak dari ruas jalan yang rusak belum dibenahi.

Pantauan riauonline.co.id, lokasi yang paling banyak rusak akibat bekas proyek terlihat di Kawasan Sukajadi. Kebanyakan jalan di sana berlubang dan tergenang air.

Para pengendara kesulitan melintas di ruas jalan bekas galian perpipaan limbah masih terlihat. Mereka berupaya hati-hati melintas di sekitar bekas galian.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menegaskan agar pelaksana proyek galian pipa limbah itu harus membenahi ruas jalan yang rusak. Ia memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

"Kita sudah perintahkan agar dinas PUPR ingatkan pelaksana kegiatan segera benahi jalan rusak," jelasnya, Minggu 23 Mei 2021.


Ia tidak menampik proyek tersebut belum tuntas. Pemerintah kota pun menyurati pelaksana kegiatan perihal kerusakan jalan pasca proyek.

"Kita dorong segera perbaiki, kerusakan jalan itu tanggung jawab mereka," tegasnya.

Jamil mengaku sudah sering menerima keluhan masyarakat perihal ruas jalan yang rusak. Pelaksana proyek harus menggesa perbaikan agar ruas jalan di bekas proyek bisa dilintasi.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution tidak menampik sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sukajadi mengalami kerusakan. Jalan rusak itu akibat pembangunan sistem perpipaan limbah rumah tangga.

Indra berujar, pihaknya terus mendorong upaya perbaikan jalan yang rusak. Mereka berkordinasi dengan Kementerian PUPR. "Kita dorong terus agar ada perbaikan, itu kewenangan rekanan proyek agar diperbaiki segera," ulasnya.

Indra meneyebut bakal berkordinasi dengan penanggung jawab proyek. Mereka mendorong perbaikan jalan di bekas galian sistem perpipaan air limbah tersebut.

"Sepanjang jaringan sudah diuji, sebagian sudah diperbaiki," terang Indra Pomi.

Menurutnya, proses perbaikan di jalan bekas galian tersebut terkendala cuaca pada akhir. Kondisi ini mempengaruhi percepatan perbaikan jalan tersebut. Padahal perbaikan sudah berlangsung di sejumlah ruas jalan bekas proyek sistem limbah ini.

Ia memastikan nantinya ruas jalan rusak bekas proyek bakal dibenahi satu persatu. Proses rekondisi ruas jalan rusak akibat proyek sistem perpipaan limbah rumah tangga berlangsung secara bertahap. Sejumlah ruas jalan juga bakal diperbaiki pasca proyek perpipaan limbah rumah tangga ini.