Jokowi Sebut Provinsi Padang saat Tinjau Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang

Presiden-Jokowi-tinjau-tol-Pekanbaru-Bangkinang.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Presiden Joko Widodo (Jokowi ) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau, Rabu 19 Mei 2021. Satu agendanya yakni meninjau progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang, Pekanbaru- Bangkinang, Kota Pekanbaru.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut, progres pembangunan jalan bebas hambatan tersebut sudah terbangun hampir 40 km.

 

Presiden mengharapkan dengan terbukanya ruas-ruas jalan tol ini mobilitas barang dan orang bisa dipercepat, sehingga memiliki daya saing tinggi dengan negara lain.

"Kita mengharapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara lain dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," kata Jokowi.

 


Dalam pemaparannya di Channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi sempat menyebut Provinsi Padang pada menit ke 15.50.

 

Yang dimaksud oleh Jokowi adalah Padang ibu kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Ia berharap dengan terhubungnya banyak wilayah di Pulau Sumatera akan muncul kecepatan dari mobilitas orang dan barang yang tentunya akan meningkatkan daya saing Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain.

 

Dilansir dari Padang.go.id, Kota Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat yang terletak di pantai barat pulau Sumatera. Berada di antara 0o44 'dan 01o08' Lintang Selatan serta antara 100o05 'dan 100o34' Bujur Timur.

 

Berdasarkan PP No 17/1980 luas Kota Padang adalah 694,96 km2, atau 1,65% dari luas Propinsi Sumatera Barat. Kota Padang terdiri dari 11 Kecamatan. Wilayah geografis Kota Padang yaitu 51,01% berupa hutan lindung, 7,35% terdiri dari bangunan dan perkarangan, dan sisanya adalah lahan pertanian dan pemukiman.