Firdaus Akui Sudah Gelar Rapat Pencegahan Covid-19 Sejak Lebaran Ke Dua

wako-pidau-2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengaku sudah kembali beraktivitas seperti biasa di hari ke dua lebaran. Ia dan jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru melaksanakan rapat antisipasi penyebaran Covid-19.

"Hari kedua sudah aktivitas seperti biasa. Kita kelurga inti saja salat Ied di rumah," terangnya kepada wartawan, Senin 17 Mei 2021.

Firdaus menyebut bahwa tidak ada open house. Ia dan keluarga inti saja berkumpul guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kita tidak terima tamu, hanya keluarga inti saja. Saudara juga tidak datang, untuk mencegah penularan Covid-19," paparnya.


Di hari kedua Idul Fitri, jajaran Pemko Pekanbaru juga melaksanakan rapat penanganan antisipasi peningkatan Covid-19 pasca lebaran. Mereka juga mengevaluasi agar mencegah kerumunan.

"Kami jajaran pemerintah kota dan tim satgas tidak ada hari libur. Maka kita ambil sikap tegas, kita tidak ingin kejadian seperti di India," ucapnya.

Firdaus juga tidak menampik adanya peningkatan kasus. Menurutnya, sebaran kasus saat ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya. penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru terus meluas dan berpotensi penularan tinggi.

"Ini tren naik, dan kenapa ini jadi perhatian penuh ke Pekanbaru, karena sebagian dari penduduk Pekanbaru ini adalah yang menjadi penyumbang kasus Covid-19 di Riau," jelasnya.

Ia menilai, satu penyebab meluasnya penyebaran Covid-19 karena banyak masyarakat abai dengan protokol kesehatan.