Duh, 10 Rumah Sakit di Kota Pekanbaru Kehabisan Ruang ICU Khusus Pasien Covid-19

Ruang-ICU3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seluruh rumah sakit di Kota Pekanbaru sudah mulai kekurangan ruang ICU khusus bagi pasien Covid-19. Jumlah ICU yang tersisa bagi pasien Covid-19 hanya 27 ruang.

 

Informasi riauonline.co.id, ruang ICU ini tersedia di 22 rumah sakit. Sepuluh rumah sakit ternyata sudah kehabisan ruang ICU.

 

Rumah sakit tersebut yakni RS Ibnu Sina, RS Awal Bros Ahmad Yani, RS Santa Maria, RS PMC dan RS Bina Kasih. Kondisi serupa juga terjadi di RS Bhayangkara, RSD Madani, RSAU Roesmin Nurjadin, RS Unri dan RS Jiwa Tampan.

 

Total jumlah ruang ICU yang tersedia mencapai 111 ruang. Mayoritas ruang ICU khusus bagi pasien Covid-19 sudah terisi di 22 rumah sakit.

 

 

"Ada 84 ruang yang sudah terisi saat ini, kita sudah minta agar rumah sakit mengantisipasi kekurangan ruang ICU," jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Rabu 12 Mei 2021.

 

Menurutnya, ruang ICU tersebut ada yang terdapat vetilator, ada juga yang tidak memiliki ventilator.


 

"Untuk RSD Madani memang ada rencana penambahan ruang isolasi, itu masih dalam proses," ulasnya.

 

Banyak dari ruang isolasi khusus bagi pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit Kota Pekanbaru sudah terisi. Jumlah ruang isolasi yang tersedia saat ini mencapai 388 ruang.

 

 

 

 

 

Ruang isolasi ini tersebar di 22 rumah sakit.

Secara keseluruhan ruang isolasi yang tersedia di seluruh rumah sakit mencapai 986 ruang. "Ada 602 ruang isolasi yang sudah terisi hingga kini," paparnya.

 

Sementara, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru merilis per tanggal 11 Mei 2021, jumlah pasien positif di Kota Pekanbaru bertambah 260 orang. Kasus aktif tercatat mencapai 2.666 orang.