Bantuan Rehabilitasi Rumah Dari Kementerian Untuk Kuansing Jauh Berkurang

Bedah-rumah-Korem-031-WB.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jumlah bantuan rehabilitasi rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI untuk Kabupaten Kuansing berkurang. Bantuan rehabilitasi melalui Dirjen Perumahan jauh lebih sedikit bila dibanding tahun 2020 lalu.

Data Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kuansing tahun 2020 Kuansing mendapatkan bantuan dari program tersebut sebanyak 310 unit. Namun tahun 2021 Kuansing hanya mendapatkan 75 unit.

"Jauh berkurang dari tahun lalu, tahun ini kita dapat hanya untuk 75 unit," kata Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kuansing, Khairul Amirullah kepada Riau Online, Senin, 26 April 2021.


Meskipun jumlahnya berkurang lanjut Khairul, namun dana untuk rehabilitasi rumah tahun 2021 ini jumlahnya lebih besar dibanding tahun lalu. Tahun 2021 ini, jumlah dana rehabilitasi satu unit rumah itu Rp 20 juta.

"Tahun 2020 lalu hanya sebesar Rp 17,5 juta, dan tahun 2021 ini satu unit itu Rp 20 juta," katanya.

Bedanya dengan tahun 2020 lalu lanjut Khairul, tahun ini untuk setiap rumah mendapatkan program rehabilitasi wajib dibangun MCK. "Tahun lalu hanya rehab saja, kalau tahun ini wajib dibangun MCK," terangnya.