26 Ribu Lansia di Kuansing Akan Jalani Vaksinasi

vaksin-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dari 40 ribu jumlah lansia di Kabupaten Kuansing, untuk tahap awal sebanyak 26 ribu lansia menjadi sasaran untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Yang sudah terdata itu ada 40 ribu orang lansia khusus Kuansing. Dan tahap awal sasaran kita ada lebih kurang 26 ribu yang akan menjalani vaksinasi," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi kepada Riau Online, Kamis, 22 April 2021.

Helmi mengatakan, saat ini baru 226 orang lansia di Kuansing yang sudah menjalani vaksinasi covid-19. Ini juga karena keterbatasan vaksin yang dikirim oleh Provinsi untuk Kuansing.


"Kalau ditotal sudah ada lebih kurang 5 ribu orang yang menjalani vaksinasi Covid-19. Itu terdiri dari tenaga kesehatan, pejabat publik dan lansia," katanya.

Data Dinas Kesehatan Kuansing yang sudah menjalani vaksinasi keseluruhan sudah di atas 5 ribu orang. Rinciannya untuk tenaga kesehatan lebih kurang 1.968 orang, pejabat publik terdiri dari anggota Polri, TNI, ASN itu berjumlah lebih kurang 3- 4 ribu orang yang sudah divaksin.

Untuk target pejabat publik ini yang akan menjalani vaksinasi itu mencapai 17 ribu orang. Kendalanya sejauh ini memang karena belum tersedianya dosis vaksin oleh pusat.

Saat ini lanjut Helmi, stok dosis vaksin yang tersedia tinggal sedikit hanya sekitar 14 vial dan satu vialnya itu berjumlah 10 dosis. "Jumlah dosis vaksin yang tersedia hanya tinggal sedikit, tinggal 14 vial," katanya.