Dishub Belum Punya Mitra Baru Untuk Pengelolaan Parkir

parkir-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Diahub) Kota Pekanbaru belun memiliki mitra baru untuk mengelola parkir usai kerjasama dengan PT Datama diputus beberapa waktu lalu. 

 

Mereka masih melakukan persiapan menggelar sayembara untuk pengelola parkir tepi jalan umum. Dinas juga berkonsultasi dengan Kejari Pekanbaru terkait rencana pembukaan sayembara ini.

 

"Kita kordinasi dengan semua pihak terkait, agar bisa segera membuka sayembara ulang," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Minggu 4 April 2021.

 

Menurutnya, pengelolaan parkir oleh pihak ketiga adalah upaya menata layanan parkir. Ia meminta semua pihak bisa memahami rencana ini.

 


Ia mengaku tidak ada kendala dalam menyusun proses sayembara. Ia menyebut sayembara digelar agar pengelola parkir lebih profesional.

 

Proses pembayaran parkir pun nantinya perlahan lewat non tunai. Ia menyebut penerapan layanan non tunai untuk mencegah kebocoran retribusi parkir.

 

"Jadi proses pembayaran dengan e-money agar pengelolaan parkir lebih transparan," paparnya.

 

Penerapannya secara bertahap di kawasan jalan protokol. Potensi pendapatan dari retribusi parkir tepi jalan umum mencapai Rp 36 miliar.