Bagi Warga Pekanbaru, Ini Tips Budidaya Anggur Ala Ramadhani

penganggguran.jpg
(Muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banyaknya pendapat beredar di masyarakat membudidayakan anggur tidaklah mudah ditanah Pekanbaru. Salah satu anggota Komunitas Pengangguran Riau, Ramadhani menyangkal statement tetsebut.

Menurut Dani, di tanah Kota Pekanbaru, penanaman anggur bisa dilakukan. Ia membuktikannya dengan menanam anggur berawal dari halaman rumahnya sejak Februari 2016.

"Sekarang udah nanam anggur jenis impor, gak yang lokal lagi. Trus juga sekarang udah sering ngasi seminar atau pelatihan terkait cara menanam anggur, karena saya salah satu konsultan di Kampung Anggur Madani," jelasnya, Sabtu, 27 Maret 2021.

Lebih lanjut, Dhani memberikan tipe budidaya anggur ala dirinya. Pertama, mengumpulkan ilmu terkait penanaman anggur. Harus mengetahui dasar-dasar penanaman anggur terlebih dahulu. Cara mengumpulkan ilmu ini bisa dengan menonton youtube, membaca buku terkait penanaman anggur, atau bisa juga bergabung di Komunitas Pengangguran Riau.

"Di komunitas ini, kita bisa saling sharing dengan teman-teman yang juga sama-sama suka menanam anggur," ujarnya.

Tips kedua ala Dhani adalah, pakai media tanam yang berongga. Media tanam disini bisa pasir yang dicampur dengan sekam dan pupuk kotoran. Untuk pupuk kotoran, pakai pupuk kotoran sapi atau kambing yang sudah di fermentasi.

Dhani tidak merekomendasikan untuk memakai pupuk ayam. Tips ketiga, untuk pemula yang ingin menanam anggur, pilih jenis anggur yang gampang berbuah. Salah satu contohnya adalah jenis anggur jupiter.

Tips ketiga, pelajari penggunaan pestisida dan teknik pemupukan. Berbeda umur anggur, maka berbeda juga cara pemupukannya. Biasanya, makin tua buah anggur, maka makin bagus buahnya.

"Tapi ini tergantung juga bagaimana cara pemupukannya," pungkasnya.