Ramadhani Sukses Kembangkan Anggur di Pekanbaru, Ini Jenis-Jenisnya

penganggguran.jpg
(Muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Salah satu anggota dari komunitas Pengangguran Riau, Ramadhani hadir di Riau Online Podcast (RollCast) dengan presenter Dwi Fatimah, Sabtu, 27 Maret 2021.

Dhani yang mulai menyukai dunia tanam menanam sejak Februari 2016 ini mulai tertarik membudidayakan anggur karena membeli bibit anggur jenis lokal.

Setelah dua tahunan dikembangkan, pada November 2019, Dhani bertemu temannya yang sudah lama membudidayakan anggur impor.

"Ketemu temen, namanya om nuri. Dia ngajarin pembibitan anggur impor di tanah Pekanbaru ini," katanya.

Lebih lanjut, Dhani menjelaskan jenis-jenis anggur impor. Pertama, anggur ninell. Anggur ninel ini merupakan anggur yang memiliki tandan buah sangat besar.

Buah anggur ninel rasanya manis dan mempunyai daya tahan dan daya simpan buah pasca panen yang bisa dikatakan sangat bagus.

"Kedua jenis anggur jupiter. Anggur jenis ini berbentuk oval. Kulit buahnya yang berwarna merah keunguan saat sudah matang. Daging buahnya tebal," jelasnya.

Lebih lanjut, Dhani menjelaskan, jenis ketiga yaitu anggur julian. Anggur jenis ini berasal dari Ukraina. Buah anggur julian mempunyai buah berbentuk oval sedikit lonjong dan berwarna merah muda dengan sedikit warna kuning saat sudah matang.

Jenis keempat, anggur akademik avidavidzba. Jenis ini bentuk bulat lonjong. Kulit buahnya berwarna hitam saat sudah matang. Daging buahnya tebal dan memiliki tekstur buah yang kering serta hanya memiliki jumlah biji rata-rata 1 butir perbuah.

"Jenis kelima, anggur nizina. Jenis anggur nizina bentuknya bulat dengan kulit berwarna merah keunguan saat sudah matang serta bekulit tebal namun lunak dan mudah dimakan," pungkasnya.