Harga Lelang Karet Minggu Ini Naik Lagi Rp 12.389 Perkilogram

Karet8.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Harga lelang Bahan olahan karet (Bokar) di Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) kembali naik minggu ini menjadi Rp 12.389 perkilogram. Ini merupakan harga tertinggi selama tahun 2021 ini.

"Alhamdulillah, harga lelang karet di Apkarkusi kembali naik menjadi Rp 12.389 perkilogram. Ini harga tertinggi selama tahun 2021," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kuansing, Raja Rafli melalui keterangan tertulis, Senin, 22 Maret 2021.

Minggu lalu harga lelang karet di Apkarkusi hanya Rp 12,186 perkilogram naik Rp 203 perkilogram minggu ini menjadi Rp 12,389 perkilogram.

Dia mengatakan, harga lelang karet di Apkarkusi sudah dua minggu berturut-turut naik. "Pada minggu lalu naik Rp 257 perkilogram dan lelang minggu ini naik sebesar Rp 203 perkilogram," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga karet ini karena adanya kecenderungan penurunan produksi yang berakibat pada kekosongan pasokan bahan baku. Sementara pemintaan masih terus bertambah, maka harga terdongkrak naik ditambah lagi dengan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang setiap hari bisa berubah naik turun.


"Pergerakan harga karet di tahun 2021 masih fluktuatif, namun kenaikan ini akan terjadi sampai kapan kita belum tahu," katanya.

Dinas Pertanian katanya, terus memberikan semangat dan perhatian kepada para petani karet di Kuansing. Dengan terus mendampingi serta memberikan penyuluhan untuk menghasilkan karet yang berkualitas baik.

Hingga Maret 2021 baru 53 kelembagaan yang tergabung di dalam Apkarkusi yang terdiri dari 47 kelompok tani dan 6 gabungan kelompok tani. Ini tersebar di 7 Kecamatan mulai Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Pangean, Singingi Hilir dan Kuantan Hilir.

"Kedepan kita berharap kepada seluruh petani karet yang berada di 15 kecamatan bisa bergabung dalam wadah Apkarkusi dengan tetap memelihara tanaman karet dan melakukan penanganan pasca panen karet sesuai standar teknis agar kualitasnya tetap terjaga," harapnya.

Dan salah satu tip yang dapat dilakukan agar kualitas bokar meningkat yaitu dengan menggunakan bahan pembeku yang dianjurkan dan harus seragam, bahan tersebut adalah specta, asap cair atau deorub. Kemudian tidak boleh direndam dan dicampur dengan bahan bukan karet.