Aset Pemprov Tak Terurus Bahkan Hilang, Dewan Minta Ditata Ulang

mursal-dprd.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau Zulfi Mursal menyebut permasalahan banyaknya aset Pemerintah Provinsi Riau yang tidak jelas status dan keberadaannya sudah berulang kali disampaikan agar segera ditertibkan.

"Masalah aset itu sudah sering kita sampaikan untuk segera ditata. Bahkan kita pernah mengusulkan untuk membentuk pansus aset daerah," ujar Zulfi, Kamis, 18 Maret 2021.

Ia menyebut, banyak aset daerah baik kendaraan dan bangunan diabaikan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Bahkan beberapa dikabarkan beralih hak milik.

"Bukan hanya mobil, tanah dan gedung kita banyak yang tidak terurus.Bahkan ada beberapa yang notabenenya tidak lagi menjadi milik kita, dimiliki oknum tertentu. Tetapi mengenai lokasinya pun kita hanya mendapat aporan," jelas Zulfi.


Ia menyebut, dalam beberapa rapat sudah meminta pemprov segera mengamankan aset tersebut sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

"Dalam rapat kita sampaikan agar Pemprov mengurus aset tersebut. Mana yang menjadi hak negara, hak daerah, segera lah ditertibkan. Mana yang bisa diputihkan, diputihkan. Paling penting dia tercatat. ada semuanya dan bisa dipertanggungjawabkan," papar Zulfi.

Zulfi menekankan agar pemprov segera mengamankan aset agar tidak rugi karena aset yang hilang.

"jangan sampai kita hanya mengeluarkan anggaran untuk modal aset itu tetapi tak mampu untuk merawatnya," tutup Zulfi.