Achmad Minta Perusahaan di Riau Bantu Pemerintah Padamkan Karhutla

Achmad2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi VIII DPR RI asal Riau, Achmad meminta perusahaan yang beroperasi di Riau terutama yang berkaitan dengan pengelolaan hutan dan lahan agar mengawasi kemungkinan adanya kebakaran hutan dan lahan.

"Kepada korporasi kita juga berpesan agar mengawasi dan bekerja sama mengefektifkan sarana dan prasarana yang dimiliki," ujar Achmad, Rabu, 3 Maret 2021.

Achmad menegaskan peranan perusahaan-perusahaan ini harus dirasakan oleh masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab kepada masyarakat.

"Keberadaan perusahaan ini harus dirasakan masyarakat yang bertanggung jawab tidak hanya di bidang sosial tetapi juga kesehatan," jelasnya.

Selain perusahaan, Achmad juga meminta kepada masyarakat untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam pencegahan karhutla mengingat Riau mulai memasuki musim kemarau.

"Harapan kita terutama kepada masyarakat di daerah-daerah yang rawan seperti lahan gambut untuk bekerjasama dengan pemerintah," ungkapnya.

Achmad berharap karhutla tidak lagi terjadi Riau seperti yang berhasil dilakukan pada 2020 lalu. Terlebih lagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan yang akan menyulitkan masyarakat jika sampai karhutla dan bencana asap terjadi.

 


"Dampak kebakaran itu tidak hanya di daerah kebakarannya saja tetapi asapnya dapat menimbulkan masalah kesehatan dan sosial ekonomi kita," tutupnya.