Datang Lebih Awal di Lokasi Interview Bikin Peluangmu Lebih Besar Diterima

Farhan-Okta-Yuda2.jpg
(Farhan Okta Yuda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Bekerja ditempat impian dengan gaji yang sesuai kapasitas diri adalah sesuatu hal yang sangat diidam-idamkan. Tidak hanya bagi fresh graduate, tapi juga mahasiswa atau yang masih duduk dibangku sekolah.

Tentu saja untuk bekerja ditempat impian, ada tahapan dan proses-proses yang harus dilalui. Ada banyak pesaing yang harus ditumbangkan. Bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa.

Namanya Farhan Okta Yuda. Biasa disapa Farhan dan saat ini bekerja disalah satu perusahaan BUMN, PT Micro Madani Institute sebagai Refresentative Officer Recruitment/HRD.

Ia mengawangi lowongan-lowongan kerja yang masuk hingga ikut juga menginterview para pelamar kerja.

Kurang lebih dua tahunan bekerja sebagai Refresentative Officer Recruitment, ada banyak pengalaman baru yang ia dapat. “Dari pekerjaan ini juga, saya belajar banyak hal, termasuk mengenali karakter para pelamar,” katanya.

Lebih lanjut, lelaki lulusan Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) itu memberi tips apa yang harus dilakukan para pelamar saat menjelang dan saat sedang diinterview kerja.


Tips pertama, lengkapi persyaratan yang diminta perusahaan tersebut. Jadi jika perusahaan yang dituju meminta persyaratan yang harus dibawa saat interview, maka lengkapi.

Tips kedua, saat akan interview, datang tepat waktu. Jangan sampai saat interview malah datang terlambat. Datang terlambat ini bisa juga mempengaruhi suasana hati sendiri, jadi lebih cemas, tidak siap, dan lain sebagainya.

“Kalau bisa 30 menit sebelum interview malah udah dilokasi,” ujarnya.

Farhan juga mengatakan, untuk tips yang ketiga itu, malam sebelum interview, persiapkan diri untuk pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanya. Ada baiknya mengetahui hal-hal umum terkait perusahaan yang dituju.

Yang tidak kalah pentingnya, di tips keempat, yaitu, datanglah dengan penampilan menarik. Walau bagaimanapun, first impression itu benar adanya.

Penampilan menarik dari pelamar juga akan membuat pelamar tersebut lebih percaya diri. Kalau pelamar tersebut percaya diri, akan mempengaruhi bagaimana dirinya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penginterview atau HRD perusahaan tersebut.

“Saat interview juga, kami akan menilai etika, sopan santun, dan lain sebagainya,” pungkasnya.